Siar merupakan suatu lembaga pers mahasiswa (LPM) yang ada di Universitas Negeri Malang. Bahkan SIAR bisa dikatakan sebagai satu-satunya dan yang pertama mendeklarasikan dirinya sebagai LPM di Universitas Negeri Malang. Sampai saat ini, SIAR masih belum menjadi suati lembaga yang berdiri secara indipenden karena masih menginduk kepada UKMP. SIAR termasuk dalam salah satu dari empat departemen yang ada di UKMP dan bergerak dalam bidang jurnalistik. Namun, sejak siding umum pada akhir 2010, dikatakan bahwa SIAR harus menjadi LSO (lembaga semi otonom) dalam 3 bulan. Sayangnya hingga kini, status LSO itupun belum terwujud. Meski begitu, di lingkup eksternal kampus, dala hal ini PPMI, keberadaan SIAR sebagai LPM sendiri sudah diakui sejak tahun 1992. Bahkan ada beberapa kadernya yang menjadi pengurus di PPMI.

Sebagai lembaga yang bergerak di bidang jurnalistik, SIAR tentu memiliki karya-karya yang dipersembahkan bagi civitas kampus Universitas Negeri Malang. Beberapa dari karya itu berupa mading, bulletin, serta majalah. Setidaknya, setiap periode, karya-karya itu bisa tetap eksis menghiasi sejarah SIAR. Namun, berbeda dengan kampus lain yang mendukung keberadaan Lembaga Pers Mahasiswa dengan dana yang cukup, di Universitas Negeri Malang sendiri dana masih menjadi masalah klasik untuk menghasilkan karya. Meski begitu, karya masih bisa diterbitkan dengan berbagai cara, walau dengan urunan antar anggota sekalipun.

Jadwal penerbitan antara berbagai karya/media berbeda-beda. Misalnya untuk bulletin, terbit setiap satu bulan sekali dengan mengangkat tema penting sekitar kampus. Sedangkan mading, biasanya juga satu bulan sekali. Beda lagi jika majalah. Karena membutuhkan biaya yang cukup besar, majalah biasanya terbit dalam satu periode kepengurusan atau paling cepat satu semester sekali.

Dulu, pengkaderan diadakan dengan sekedarnya saja. Siapa yang mau ikut menjadi anggota boleh masuk menjadi anggota. Namun pada tahun 2010 diadakan Open Recrutment demi meningkatkan kualitas anggota. Disini anggota tidak bisa sembarangan asala masuk karena harus melalui penyaringan yang cukup ketat. Di Open Recrutment yang terakhir diikuti sekitar 80-an mahasiswa dari berbagai jurusan. Namun setelah menjalani serangkaiaan acara magang hingga pengukuhan, hanya tersisa sekira 20-an mahasiswa saja yang mampu bertahan.

Selain itu, ada acara yang rutin diadakan oleh SIAR. Acara itu bernama Diskusi Senja(DISJA). Acara ini mewadahi para anggota ataupun non-anggota untuk mendiskusikan susuatu hal yang dianggap penting. Pada acara ini, bisa didatangkan para pakar dari perasalahan yang menjadi tema utama, bisa dari dosen, mahasiswa, ahli, ataupun lainnya.

Kantor kerja SIAR berada di UKMP yang terletak di kompleks gedung C di Universitas Negeri Malang. Sudah barang tentu SIAR belum mempunyai kantor sendiri karena masih harus terikat pada induk organisasinya. Keputusan tertinggi di SIAR ada pada sidang umum yang diadakan pada akhir periode masa jabatan kepengurusan.

Berikut adalah struktur kepengurusan SIAR masa periode 2011 :

Pimpinan Umum : Millatuz Zakiyah

Pemimpin Redaksi : Dyah Ayu S.

Redaktur Pelaksana : Tantri Listiamaya

Editor : Ajeng Maretya, Nur Aini

Layouter : Eva Nurohmah, Rizky Abdi S.

Sirkulasi : Khoirin Nikmah

Reporter : Purwita Eka S., Wahyu Dwi L., Endah Kusumawati, Annysa Dwi C., Anggi Anggraeni, Agus Witjaksono, Muh. Amri M, Wida Setya P,. Fahrur Rozi

Tinggalkan Balasan