Area parkir Graha Cakrawala membludak ketika kali pertama Opera Van Java (OVJ) tampil di kota Malang, sabtu (26/03). Parkiran Graha Cakrawala terisi penuh oleh kendaraan bermotor. Diperkirakan sekitar seribuan buah sepeda motor memenuhi tempat parkir Graha Cakrawala. Pada sesi pertama pentas OVJ, parkiran yang disediakan sudah tidak cukup menampung kendaraan. Panitia mengantisipasinya dengan menyediakan lahan parkir di beberapa titik lainnya yaitu di parkiran Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Sastra (FS), dan Fakultas Teknik (FT). Sedangkan parkir mobil disediakan di area gedung Sasana Krida. Nyatanya hal itu masih belum mencukupi karena sangat membludaknya jumlah kendaraan penonton.

Akibatnya, banyak pemilik kendaraan memarkir kendaraannya di sepanjang trotoar jalan Gombong. Hal ini menyalahi aturan karena sudah ada tanda larangan parkir. Tim security UM melakukan tindakan tegas, mereka tidak segan mengempesi ban motor yang parkir sembarangan tersebut.’’Saya bertindak sesuai dengan aturan yang berlaku, saya tidak pandang bulu mengempesi ban motor baik mahasiswa UM sendiri ataupun orang penting,’’ ujar mas Arif, salah satu security UM yang bertugas pada waktu itu. Di malam harinya, jumlah penonton semakin ramai melebihi penonton sesi pertama. Saat sesi ini, terlihat semua lahan parkir sudah tidak mampu menampung seluruh kendaraan. Hal ini menyebabkan banyak penonton terpaksa memarkir kendaraannya di sepanjang jalan Gombong. Pada situasi yang mendesak ini, security mau tidak mau harus memberi toleransi karena memang sudah tidak ada lahan parkir yang bisa ditempati

Acara yang dilangsungkan dalam dua sesi ini mendapat antusiasme yang sangat tinggi. Hal ini diindikasikan dari jumlah penonton yang mencapai angka ribuan, baik penonton dari warga UM maupun warga kota Malang. Masing-masing sesi berlangsung beberapa jam, yakni sesi pertama dimulai pukul 13.00 WIB dan sesi kedua pukul 20.30 WIB. Sesi kedua yang ditayangkan secara live ini menarik minat ribuan penonton. Namun, panitia penyelenggara tak kalah sigap dengan menempatkan layar lebar di parkiran sebelah selatan gedung, bagi penonton yang tidak memiliki tiket masuk.

Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM) yang baru selesai dibangun ditunjuk sebagai tempat berlangsungnya pentas OVJ. Datangnya OVJ sendiri ke UM adalah bagian dari road show mereka. “Setelah dari Malang tim kami akan melanjutkan road show ke Bali, Semarang, dan kembali ke Jakarta,’’ kata salah satu kru OVJ. (ram/idh/mai/nys)

Tinggalkan Balasan