Jumat, (30/9) – Tampak antrian yang menyemut di depan aula FMIPA saat diadakan kuliah umum perspektif dengan pemateri Nandang Mufti, M.T. Ph.D. Tema yang diusung, “Fisika dalam Perspektif Internasional”. Ketua jurusan Fisika, Arif Hidayat, menyatakan, “Kegiatan ini bukan hanya untuk mahasiswa fisika murni, melainkan untuk semua kalangan fisika”.
Kedatangan Nandang Mufti, M.T. Ph.D. disambut dengan antusiasme. Terbukti tidak hanya mahasiswa yang mengikuti acara ini., tapi di barisan bangku depan tampak sepuluh orang dosen yang juga antusias mengikuti kuliah umum ini.
Mahasiswa fisika diberikan pengetahuan tentang kemajuan bidang fisika di negara-negara Eropa. Juga pengenalan bidang baru di fisika yaitu Econophysic, yang merupakan kerjasama bidang fisika dan ekonomi. Salah satu latar belakang hubungan kerjasama ini diungkapkan oleh pemateri, “Di ekonomi itu banyak sekali data yang diterima dan dikirim, bahkan dalam hitungan detik. Namun, untuk prinsip dan hukum-hukum yang berkaitan cukup sedikit, sedangkan di fisika banyak hukum namun datanya sangat sedikit. Sehingga, para ahli mencoba mengaitkan perubahan ekonomi dengan teori fisika.”.
Selain berbagi pengetahuan fisika, pemateri juga mengungkapkan berbagai pengalaman studinya yang pernah menempuh S1 dan S2 di ITB sampai melanjutkan S3 di Universitas Groningen, Belanda. “No body knows the future, yang penting berani untuk bermimpi dulu” ungkapnya.
Pemateri juga mengungkapkan keinginanya agar mahasiswa UM menghilangkan rasa sungkan kepada dosen dikelas. Hal ini dimaksudkan agar kelas cukup kondusif untuk diskusi antara dosen dan mahasiswa. Berkaca pada pengalamanya menempuh S3, metode seperti ini menurutnya sangat ampuh meningkatkan pemikiran mahasiswa. (met/vga)

Tinggalkan Balasan