Senin (19/8) Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi (PKPT) tahun ini memang agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya banyak peraturan yang berubah. Panitia PKPT Fakultas Sastra juga merubah konsep yang sudah jadi sebelumnya. Panitia PKPT yang terdiri dari BEMFA dan HMJ sudah membuat konsep PKPT sama seperti PKPT tahun sebelumnya, namun mengalami perubahan konsep pada awal Juli setelah Surat Keterangan (SK) Rektor turun. “

prediksi saya, keluaran mahasiswa tahun kemarin (2011-red) lebih baik dari tahun sekarang. Karena tahun sekarang PKPT-nya lebih berbasis akademik (di dalam kelas), panitianya juga tidak masuk dalam mengkondisikan, menertibkan, dan mendisiplinkan Mahasiswa Baru (Maba). Padahal ketika masuk perguruan tinggi, perlu mental yang kuat dan kemandirian. Kan beda ketika masih di SMA, apa-apa masih sama orang tua. Kalau sudah masuk di dunia kampus kan harus mandiri. Nah disinilah kelemahan PKPT tahun sekarang, yang hanya berbasiskan akademik.” Tutur Etis selaku ketua pelaksana PKPT 2013.

Selama 4 hari PKPT,  panitia juga tidak boleh membebani Maba dengan barang bawaan. Sedangkan waktu PKPT juga dibatasi hanya 7 jam. Jam 7.00 WIB dimulai dan diakhiri jam 13.00 WIB. Menurut Etis, pihaknya juga sudah mengadakan perundingan dengan pihak Rektorat, meminta agar pelaksanaan PKPT tahun ini sama dengan PKPT tahun lalu. Namun, permintaan tersebut tidak disetujui dan pihak rektorat memberikan kebijakan satu hari untuk BEMFA bisa mengadakan Student Day. “ Student Day itu yang handle panitianya Mbak, jadi bebas mau ngadain acara, terserah panitianya tapi harus menyerahkan konsepnya dulu ke pihak fakultas.” ungkap ketupel PKPT 2013.

Jumlah panitia Student Day pun lebih banyak dibandingkan PKPT. Panitia PKPT hanya 28 orang dari BEMFA  sedangkan panitia Student Day kurang lebih 125 orang dari semua personil BEMFA dan HMJ. Acara Student Day sengaja dibuat berbeda dari PKPT supaya lebih berkesan.” Student Day ini adalah sebuah inovasi dari BEMFA Sastra dengan tujuan untuk membandingkan lebih berkesanan mana antara PKPT yang dikelola pihak Fakultas dengan PKPT yang dikelola pihak ORMAWA (OrganisasiMahasiswa). ”ungkap Fiki selaku Humas PKPT 2013.

“Kalau tahun kemarin kan ada pengenalan ORMAWA, di Student Day ini diringkas menjadi sehari, pengenalan ORMAWA sekaligus penggemblengan mental.” Tambah Fiki.(myd//den/vga)

*buletin halaman 4. Tanggal terbit 20 Agustus 2013

 

Tinggalkan Balasan