Pagi ini, (20/8) para mahasiswa baru (Maba) 2013 yang mengikuti PKPT, pertama kali memasuki fakultas masing-masing. tidak seperti tahun kemarin, fakultas tehnik (FT) memisahkan tiap jurusan di tempat yang berbeda. Jurusan mesin ada di H5 lantai4, jurusan industri di H5 lantai 2, jurusan elektro di Sasana Krida (Sakri), dan jurusan sipil di gedung tehnik sipil. Pemisahan ini mengikuti keputusan dari pejabat kampus atau panitia universitas. Hal ini dilakukan agar hasil PKPT lebih terarah, selain itu hal ini disebabkan oleh kurangnya ruangan untuk menampung kapasitas Maba yang banyak.

Perbedaan tempat PKPT mengakibatkan perbedaan fasilitas yang diterima Maba, contohnya untuk duduk di dalamnya, di Sakri mereka mendapatkan fasilitas kursi, sedangkan di H5 mereka hanya menggunakan alas karpet untuk duduk dan memasukkan 3 prodi dalam satu ruangan. “Keadaan di dalam cukup kondusif, tapi saya lihat sepertinya mereka sedikit gerah karena tempat yang cukup sempit,” kata Ranu Muhammad, ketua DMF-FT. Jika kemarin semua jurusan dikumpulkan dalam satu ruangan, tahun ini dengan rangan yang berbeda membuat panitia berpencar dan komunikasi terjalin hanya dari hubungan telepon. Pengawasan ketua BEMFA pun menjadi lebih sulit.

Sementara tugas BEMFA semakin sedikit karena PKPT tahun ini dimandatkan kepada Universitas, sehingga BEMFA hanya membantu kelancarannya. Ketua DMF-FT juga menjelaskan bahwa PKPT tahun ini lebih enteng dari pada tahun kemarin, karena dari universitas sangat menghindari kekerasan dari para senior. Meskipun dirasakan bahwa kedisiplinan tahun kemarin lebih baik daripada tahun ini. Selain itu, pemisahan ruangan ini berdampak pada mahasiswa itu sendiri, meskipun mereka berinteraksi terarah pada jurusan masing-masing tetapi keadaan ini mengurangi solidaritas dan kekompakan dari mahasiswa fakultas tehnik. Berkurangnya tugas PKPT juga seperti mengurangi kreativitas Maba untuk berapresiasi. PKPT tahun 2013 ini menjadi leih sederhana, terfokus, dan terarah, akan tetapi terasa sepi karena kurang inovasi dari tiap fakultas. (lia/aar//den)

*buletin hal.8. Tanggal terbit 21 Agustus 2013

Tinggalkan Balasan