FT

Persiapan Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi (PKPT) masih dilakukan oleh semua BEM Fakultas di Universitas Negeri Malang (UM).  Dalam PKPT ini, informasi yang diberikan oleh fakultas dinilai mendadak. Hal ini dipaparkan oleh Trisman Hadi, Ketua BEM FT, yang mengaku baru mendapat pengumuman dari pihak fakultas seminggu sebelum lebaran. Dalam kurun waktu hanya seminggu, BEM FT harus mempersiapkan PKPT tahun ini.  Hal yang sama diungkapkan oleh Hakim Fathoni, Humas BEM FT, ”Kalo dari persiapan BEM FT mendadak. Dari segi jadwal mulai sosialisasi kalo tidak salah tanggal 22. Kalo dari fakultas H-1 minggu. Jadi persiapan mutlak 7 hari saja.”

Dengan persiapan yang mendadak ini, BEM FT mampu  mengatasi beberapa kendala yang muncul. Berkaca dari PKPT tahun lalu, BEM FT merasa tidak banyak kendala yang dihadapi, karena konsep PKPT 2014 tidak jauh berbeda dengan PKPT 2013. Selain itu, BEM FT  juga mendapatkan bantuan dari pihak HMJ yang telah didelegasikan untuk membantu menyukseskan PKPT 2014 ini. Sehingga persiapannya banyak mengadopsi tahun lalu.


FE

Keluhan maba atas minim dan mendadaknya informasi pelaksanaan PKPT juga dirasakan oleh BEM FE. Mereka terus menanti perkembangan tentang jadwal pelaksanaan PKPT sebulan sebelumnya, tetapi tak kunjung muncul juga. Sampai akhirnya, sekitar Senin (4/8) kabar pelaksanaan PKPT turun dari universitas. “Dalam tiga hari berturut-turut setelah kabar itu turun, BEM FE langsung melakukan rapat dengan dekan mengenai PKPT ini. Setelah itu, kami sebar informasi kepada Maba. Kami harap maklum kalau pemberian informasinya mendadak dan kurang spesifik. Bukan hanya maba yang bingung, sebenarnya kami juga bingung,” jelas Wildan. Ia menambahkan bahwa keterlambatan itu dikarenakan masih belum rampungnya universitas dalam pengurusan pergantian rektor UM.

FMIPA

Hal serupa juga dirasakan oleh BEM MIPA, informasi yang diterima oleh panitia PKPT FMIPA cenderung sedikit-sedikit sehingga menimbulkan persiapan dari panitia kurang efektif.  Hal ini pada akhirnya berpengaruh pada  informasi yang di dapat oleh mahasiswa baru minim. Buktinya, masih banyak mahasiswa baru yang belum mendapati informasi seputar PKPT. Diharapkan untuk secepatnya masalah terhambatnya informasi dapat diatasi oleh pihak-pihak panitia PKPT, dikarenakan agar tak terjadi kesalah pahaman yang tak diinginkan. (ahl/ony/yrz/dsl/rdi/eva//gia/ang/yna)

*buletin hal.4. terbit edisi 13 Agustus 2014

Tinggalkan Balasan