Cukup banyak kendala yang terjadi di acara Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi (PKPT)  hari pertama kemarin (13/8). “Ada kendala di presensi saat Maba datang pagi kemarin, presensinya belum ada padahal Maba udah banyak yang dateng,” ujar Andika (FS/11)  selaku ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Sastra (BEM FS). Andika juga menambahkan, jika seluruh presensi untuk Maba menjadi tanggung jawab ketua BEM FIP dan ternyata orang yang bersangkutan terlambat hadir di Graha Cakrawala. “Ya, solusinya presensi dibuat berjalan setelah pembukaan acara,” tambah Andika (FS/11).  Kertas pembatas untuk penanda masing-masing fakultas juga menjadi salah satu kendala lain yang dialami Panitia Pelaksana Universitas (PPU) FS. Kertas pembatas terlalu kecil dan kurang jelas sehingga berdampak pada Maba yang kesulitan untuk mencari fakultas masing-masing. “Maba FE membludak, sampai ada yang tercampur dengan Maba FS sehingga presensi FS malah berjalan sampai ke FE,” imbuh Andika.

Kendala lain yang dialami PPU FS dalam pelaksanaan PKPT tahun ini adalah Penanggung Jawab Lapangan (PL) FS acara PKPT 2014 yang tidak mendapatkan konsumsi karena konsumsi yang disediakan terbatas. “Konsumsinya dikasih soto. Tapi, untuk konsumsi PL yang disediakan di belakang panggung sudah habis sekitar jam sembilan pagi. Jadi, banyak yang tidak kebagian konsumsi PL,” ujar Andika.

Di hari kedua pelaksanaan PKPT, Kamis (14/8) terdapat beberapa kendala di FS, namun tidak sampai mengganggu kelancaran keseluruhan acara PKPT. Banyak Maba dari fakultas lain datang ke FS. “Tadi Maba FE dan Maba FIP banyak yang malah datang di acara PKPT FS,” tutur Andika. Selain itu PPU FS juga merasa tidak bisa menindak tegas Maba yang tidak mengikuti aturan yang telah diberikan oleh pihak Universitas karena terdapat berbagai peraturan yang membatasi PPU FS untuk melakukan tindakan seperti berbicara keras kepada Maba yang melanggar aturan. “Kami tidak boleh menindak secara berlebihan ke Maba yang melanggar. Kami cuma bisa memberi teguran dan memberi sanksi seperti merangkum materi yang ditinggalkan Maba yang datangnya terlambat,” imbuh Dianita Kusuma selaku ketua pelaksana PKPT FS. Namun, secara keseluruhan acara PKPT FS hari ini dan kemarin berjalan lancar. (ima/adt//yna)

*buletin hal.11. terbit edisi 16 Agustus 2014

Tinggalkan Balasan