Perkembangan teknologi melahirkan bentuk media baru yaitu media internet (online) yang salah satu didalamnya melingkupi media sosial. Media sosial merupakan salah satu produk perkembangan teknologi yang saat ini sangat digandrungi beberapa kalangan muda. Media sosial bisa dikatakan sebagai media online yang mendukung interaksi sosial antar pengguna. Bentuk dari media sosial sendiri diantaranya jejaring sosial, yang mana merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi yang akan terhubung dengan teman teman pengguna lainnya agar bisa saling berbagi informasi dan juga berkomunikasi. Sekarang ini jejaring sosial terbesar dan setiap tahun selalu bertambah penggunanya diantaranya adalah facebook dan twitter. Namun dengan seiringnya waktu para ahli teknologi sudah banyak menciptakan berbagai jejaring sosial yang sesuai dengan apa yang kita inginkan. Seperti halnya whatsApp, Line, Kakaotalk, Blackberry messengger dan lain sebagainya .

Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpartisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas. Jika media tradisional menggunakan media cetak, dan media digital maka media sosial menggunakan jaringan internet. Saat ini teknologi internet dan ponsel semakin canggih akibat manusia yang semakin jenius, maka media sosial pun juga semakin tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses berbagai jejaring sosial bisa dilakukan kapanpun, dimanapun dan oleh siapapun hanya dengan sebuah smartphone canggih. Buktinya sekarang sudah marak tempat tempat yang memiliki fasilitas hotspot wifi agar pengunjung bisa mengakses internet untuk kepentingan pribadi, misalnya meeting, diskusi, bisnis dan lain sebagainya. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial tanpa batas mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi, karena kecepatan media sosial yang sudah canggih, mulai nampak menggeser peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita dan informasi terkini.

Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Tak terkecuali seorang anak yang masih duduk dibangku Sekolah. Mudahnya mengoperasikan dan membuat media sosial menjadikan semua orang menggunakannya bahkan seorang anak SD sekalipun. Tidak menutup kemungkinan memang anak anak saat ini menggunakan media sosial untuk kepentingan yang bersifat positif seperti tugas sekolah namun juga tak terhitung banyak nya anak anak yang menggunakan media sosial untuk tujuan lain yang kurang baik.

Seharusnya para pencipta teknologi canggih juga menciptakan sebuah penyaring yang berfungsi untuk menyaring akses akses yang melenceng dari nilai nilai yang tidak sesuai di masyarakat, atau menciptakan media sosial khusus untuk kalangan anak anak yang berstatus masih pelajar agar anak anak tidak dapat mengkonsumsi secara bebas dan tak terbatas hal hal yang berbau negatif. Lalainya pengawasan orang tua pun juga menyebabkan anak anak tak terkontrol pergaulannya. Akibatnya anak anak dengan mudah mengoperasikan dan mengakses berbagai informasi di media sosial maupun di internet. Sudah saatnya para orangtua mengawasi perkembangan anak anak untuk tidak mengkonsumsi dunia maya secara berlebih seperti halnya tidak memberikan handphone yang bersifat canggih dengan banyak aplikasi media sosialnya, dan orang tua juga sebaiknya mengontrol penggunaan teknologi yang bisa diakses oleh anak anak ataupun pelajar saat diluar sekolah.

Tinggalkan Balasan