Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Malang (UM) hari ketiga (17/8) sudah menemui puncaknya. Fakultas MIPA sudah mempersiapkan  tema “MIPA Berkarakter” untuk PKKMB selanjutnya yang dilaksanakan tiga hari mulai hari kamis (18/8) di fakultas. Tema MIPA berkarakter tersebut memiliki tujuan menekankan pembinaan karakter, rutinitas, dan memberikan pelayanan yang dibutuhkan mahasiswa baru (Maba).

Pembinaan karakter ditanamkan menggunakan konsep membuat kelompok-kelompok seperti yang diterapkan di PKKMB Universitas. Tujuannya (pembinaan karakter, red) adalah supaya Maba yang berbeda ras atau suku dapat berbaur menjadi satu dan tidak ada yang merasa minoritas. “Karena pada pengalaman tahun  kemarin jarang ada sosialisasi antar Maba. Ada salah satu Maba dari luar Jawa kesulitan dalam  memperoleh informasi akademik, karena tidak percaya diri”, ujar Naufal Rafsanjani Difa, ketua BEM FMIPA.

Kegiatan ini dilaksanakan di tiga tempat yaitu Aula FMIPA (gedung O1), Gedung Kuliah Bersama (gedung O3), Aula Matematika (gedung O7), dan SPA (gedung O8). Konsep kegiatan yang dilakukan di dalamnya adalah mewajibkan Maba memakai pita hijau di lengan kanan dan pita merah putih di lengan kiri, selain itu Maba diberi beberapa tugas review dan resume sebagai refleksi dari rutinitas perkuliahan. Harapannya pemberian tugas tersebut bisa memberikan dampak yang bermanfaat bagi mahasiswa baru dalam perkuliahannya nanti. Menurut Naufal, tugas yang diberikan sebagai bentuk latihan dari tugas wajib praktikum mahasiswa kedepannya yang tidak sedikit jumlahnya dan harus ditulis dengan tangan.

Namun, salah satu mahasiswa angkatan 2015 dari jurusan kimia yang tidak mau disebutkan namanya memaparkan bahwa tugas-tugas yang diberikan saat Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi (PKPT) tahun lalu dianggap wajar, tapi cukup melelahkan. Berbeda halnya dengan tanggapan mahasiswa baru tahun 2016 dari jurusan matematika yang namanya tidak boleh disebutkan, menyambut tugas tersebut dengan baik tanpa keluhan. (ug/el/mj//zai)

Tinggalkan Balasan