Terjadi peningkatan jumlah personel keamanan di hari pertama (15/8) Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2016. Penambahan personel keamanan ini difokuskan pada gerbang jalan Veteran, gerbang terdekat dari gedung Graha Cakrawala, yang merupakan pusat dari PKKMB 2016. Hal ini dikarenakan para mahasiswa baru (Maba) lebih menjangkau masuk melalui gerbang Veteran dari pada gerbang yang lain. Selain itu, penarikan karcis masuk kendaraan pada pintu gerbang Universitas Negeri Malang (UM) ditiadakan demi kelancaran arus masuk maba UM.

Peniadaan karcis masuk kendaraan ini akan diberlakukan selama tiga hari pelaksanaan PKKMB yang berpusat di gedung Graha Cakrawala, UM. Maba yang membawa kendaraaan bermotor dapat memarkirkan kendaraannya di tiga titik terdekat dengan Graha Cakrawala, yaitu di bagian timur pintu masuk gerbang Veteran, Graha Cakrawala, dan sebagian Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Kemudian saat kendaraan keluar gerbang kampus, setiap pengendara tetap diwajibkan untuk menunjukkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) demi keamanan kendaraan di UM. Tak hanya itu, demi kelancaran arus masuk dan keluar kendaraan serta untuk mengatasi kemacetan, personel keamanan disiagakan mulai pukul 05.00 WIB sampai PKKMB selesai yaitu pada pukul 13.00 WIB. Penambahan ini diberlakukan dengan melihat situasi dan kondisi PKKMB 2016 yang begitu ramai misalnya, ketika maba datang maupun ketika pulang dari Graha Cakrawala.

“Personel ditambah itu dengan melihat kondisi terutama saat mahasiswa baru datang atau mahasiswa baru pulang karena arusnya padat sekali.” Tutur Nisful Hambali, Antok Suprayogi, dan Dian Indra, petugas lapangan yang berjaga di pintu gerbang  jalan Veteran. Hal tersebut dibenarkan oleh Sumartono selaku komandan keamanan kampus UM. (zky/idn/rdi)

Tinggalkan Balasan