Ada yang berbeda dengan pelaksanan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Malang (UM) hari kedua, Selasa (16/08). Tim bahasa isyarat Pendidikan Luar Biasa (PLB) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UM menampilkan pertunjukan band dengan menyanyikan lagu Sempurna karya grup band Andra and The Backbone. Uniknya lagi vokalis band tersebut, Tri Febri Kroirun Nidhom, merupakan salah satu mahasiswa jurusan PLB angkatan 2014 penyandang tunanetra. Selain sebagai vokalis, Irun juga bermain gitar. “Selain bisa bermain gitar mas Irun juga bisa memainkan alat musik piano dan juga menjadi vokalis band di jurusan PLB,” ungkap Hanum salah satu anggota tim bahasa isyarat.

“Seluruh maba sangat antusias menyimak pertunjukan band dari PLB, acaranya seru dan tepuk tangannya sangat meriah, tapi pengiring dari penyanyinya kurang kompak dalam memperagakan bahasa isyarat dari lagu tersebut,” tutut Alfiya mahasiswa baru Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar (PGSD). Tim bahasa isyarat PLB mengakui bahwa ada sedikit kesalahan dalam penampilan mereka tadi. Hal tersebut dikarenakan pemberitahuan dari pihak BEM-U terlalu mendadak, sehingga persiapan mereka kurang matang.

Hanum menambahkan bahwa kehadiran mereka pada acara PKKMB UM 2016 merupakan undangan langsung dari Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (BEM-U). Selama tiga hari tim bahasa isyarat diminta untuk mengisi acara PKKMB UM. Pada hari terakhir PKKMB UM yang bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-71 kesepeluh anggota tim itu akan membawakan tiga buah lagu antara lain Indonesia Raya, 17 Agustus, dan Berkibarlah Benderaku. (ida/tan/ma//yrz)

Tinggalkan Balasan