Universitas Negeri Malang (UM), Rabu (17/8), Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat universitas di Graha Cakrawala telah usai. Serangkaian kegiatan dari Senin-Rabu (15-18/8) menuai respon positif dan negatif dari beberapa mahasiswa baru (Maba).

Kesan positif Maba terhadap PKKMB UM 2016 salah satunya adalah penyampaian  materi tentang Stadium General (Pembinaan Karakter) oleh Umi Dayati, dosen Fakultas Ilmu Pendidikan. “Motivasi dari Bu Umi enak, bikin semangat”, ungkap Siti Maryati, Maba Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Selain itu, pembagian Maba menjadi 25 kelompok yang diambil dari berbagai fakultas disambut baik oleh Maba. “Saya senang karena bisa kenal dengan Maba dari fakultas lain,” kata Siti Khoirurosida, Program Studi (Prodi) Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD).

Di sisi lain, respon negatif muncul terkait tempat duduk pembagian kelompok. Tidak semua kelompok duduk di tribun, 12 diantaranya harus duduk lesehan.  Wahyuni, Maba Fakultas Teknik, mengatakan “Saya kurang fokus mendengarkan materi, capek duduk terus.” Hal senada juga dirasakan oleh Kirana, Maba Prodi PGSD yang mengeluhkan tentang banyaknya materi pada pelaksanaan hari kedua PKKMB UM 2016.

Harapan maba untuk pelaksanaan PKKMB UM tahun depan sebaiknya diadakan rolling tempat duduk agar peserta yang duduk di tribun atas bergantian duduk di bawah dan sebaliknya, serta ditambah lebih banyak lagi ice breaking agar pemberian materi tidak membosankan. (tri/lny/dsf//hna)

Tinggalkan Balasan