Kurangnya koordinasi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Malang (BEM UM) terkait pelaksanaan PKKMB 2016 tingkat universitas, membuat ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Ilmu Sosial (BEM FIS), Septian Dwi Surya Negara tidak puas.

“Sering kali ketika ada rapat persiapan Pengenalan Kehidupan Mahasiswa Baru atau PKKMB, jarang kita dilibatkan,” kata Septian pada Senin (15/08)

Sebenarnya, ia tidak keberatan bila semua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEM FA) digabung menjadi satu dalam rapat persiapan PKKMB namun, ia mengatakan bahwa penggabungan ini membuat masing-masing BEM FA kesulitan dalam melaksanakan job desc masing-masing,  khususnya karena ada perbedaan konsep PKKMB tahun ini dengan tahun sebelumnya.

“Kalau ada perbedaan konsep PKKMB dari tahun yang sebelumnya, koordinasinya harus ditingkatkan lagi. Saya tidak menyalahkan pihak BEM UM, namun ini akan membuat masing-masing BEM FA bingung saat hari H,” ungkapnya.

Menurut keterangannya, secara teknis pelaksanaan PKKMB pada hari Senin (15/08) ini berhasil dan lancar, namun pihak BEM FA masih merasa banyak kekurangan dari apa yang mereka harapkan bagi mahasiswa baru (Maba) FIS.

Di sisi lain, saat dikonfirmasi terkait kurangnya koordinasi dengan BEM FA, ketua pelaksana PKKMB 2016, M. Khoirul Fatihin mengatakan bahwa koordinasi rapat PKKMB dari awal sudah kurang. Ia menjelaskan kurangnya waktu menjadi salah satu penyebabnya.

“Rektorat memberikan draft perintah pelaksanaan PKKMB satu minggu sebelum puasa sehingga rapat koordinasi pertama PKKMB baru dilaksanakan H+7 lebaran,” tuturnya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa rapat pimpinan PKKMB hanya dapat dihadiri oleh ketua BEM UM, ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), dan lurah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), sedangkan untuk Organisasi Mahasiswa (Ormawa) fakultas, Dewan Mahasiswa Fakultas (DMF), dan BEM FA tidak diizinkan mengikuti rapat pimpinan. Namun, koordinasi selanjutnya dilakukan oleh BEM UM dengan para ketua BEM FA, Ormawa, dan DMF untuk menyampaikan isi rapat tersebut. (viv/mgi//eva)

Tinggalkan Balasan