Malang (10/9) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Siar Unit Kegiatan Mahasiswa Penulis (UKMP) Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan Pelantikan Anggota Baru 2017 di Rumah Kreatif Griya Anita desa Torongrejo, Junrejo, Batu. Pelantikan yang diikuti oleh 23 peserta magang tersebut berhasil meluluskan 22 peserta magang dan 5 peserta magang lulus bersyarat dari total 44 peserta magang yang mendaftar.

Kegiatan pelantikan dilaksanakan selama dua hari satu malam. Peserta magang dibagi menjadi enam kelompok dan diberikan tugas untuk melakukan kunjungan ke beberapa LPM di Malang, diantaranya LPM Kavling10 Universitas Brawijaya (UB), LPM Inovasi Universitas Islam Negeri (UIN) Malik Ibrahim, LPM Kompen Politekhnik Negeri Malang (Polinema), LPM Mafaterna Fakultas Perternakan UB, LPM Perspektif Fakultas Ilmu Sosia Ilmu Politik (FISIP) UB, dan LPM Civitas Universitas Merdeka (Unmer). Selain itu, peserta juga mengikuti acara Diskusi Nusantara (Dinar) dengan tema ‘Hoax dan Saracen’ yang dipantik oleh Sekertaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) kota Malang, Faisal Ad Daraquthny dan Marita Fitri Andini, Anggota Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) LPM Siar.

Selain Dinar, rangkaian kegiatan pelantikan lainnya, yaitu Malam Seni dan Siar Award. Pada acara Malam Seni peserta yang telah dibagi menjadi enam kelompok menampilkan pertunjukan yang berbeda-beda, diantaranya pembacaan puisi, dance, sambung lagu, dan lain sebagainya. Keseruan acara Pelantikan Anggota Baru Siar 2017 tidak hanya berhenti pada Malam Seni saja, namun juga pada Siar award yang mengeluarkan delapan katagori. Ke-delapan katagori tersebut, yaitu Peserta Magang Terdisiplin, Peserta Magang Teraktif, Peserta Magang Terkritis, Peserta Magang Terhumble, Kelompok Magang Terbaik, Kelompok Magang Terblendes, Couple of the Year, dan Mentor of the Year.

Mengenai acara Siar Award yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Dwi Yudi Novitasari, Ketua Pelaksana acara Pelantikan mengatakan, “Kegiatan Siar award ini bertujuan untuk memotivasi anggota magang.”

Dhea Roseta, peserta pelantikan mengatakan bahwa acara pelantikan berjalan dengan seru, namun ada pula hal yang disayangkan olehnya. “Sayang, banyak makanan yang terbuang,” tutur Dhea. Ia juga menyampaikan harapannya agar para anggota baru Siar yang telah resmi dilantik tetap solid seperti sebelum pelantikan. “Semogak nggak mrotoli dan nggak ngilang, saling menjaga dan bergandeng tangan,” tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Mutmainnah, peraih penghargaan dalam kategori Peserta Magang Teraktif mengatakakan, “seru, tapi estimasi waktu saat jelajah malam dari kelompok satu dan dua ke selanjutnya kurang pas,” tuturnya. Peserta magang yang biasa dipanggil Imut ini juga menyayangkan jarak tunggu di pos empat yang terlalu lama. Ditanya mengenai harapannya untuk para anggota baru Siar 2017, ia berharap agar teman-teman seperjuangannya akan terus bertambah solid. “Jaga kekeluargaan, Harus bertahan dalam keadaan apapun di keluarga Siar,” pungkasnya.

Usai menjalankan serangkaian acara pelantikan yang cukup panjang hal utama yang menjadi inti acara adalah Upacara Pengukuhan Anggota Baru Siar 2017. Upacara pengukuhan ini dilaksanakan pada pukul 04.00 WIB dan berjalan dengan khitmad. Dua perwakilan peserta Ahmad Gatra Nusantara dan Nurul Cicik Indaryati mendapat kesempatan untuk menerima simbolis pengukuhan dan memimpin pembacaan Sumpah Siar dan Sumpah Mahasiswa.

Sofwatul Widad Ardiana Putri, Direktur LPM Siar UKMP UM dalam pidato sambutannya mengatakan, “Saya berharap kalian betah di LPM Siar, saling menjaga dan menggenggam tangan kanan dan kiri teman kalian karena kita semua adalah keluarga.” (ida//bia)

Tinggalkan Balasan