Selasa (10/10) Unit Kegiatan Mahasiswa Penulis (UKMP)  menyeleggarakan Pameran Karya (PK)  di Gedung Sasana Budaya (Sasbud) Universitas Negeri Malang (UM) yang berlangsung selama lima hari. Terdapat beberapa agenda yang akan dilaksanakan PK tahun ini, seperti pameran karya tulis, bedah buku, workshop esai beasiswa, talkshow interaktif bersama Fiersa Besari, seorang penulis mudah sekaligus musisi, dan masih banyak acara-acara lainnya.

Tujuan dari adanya pameran karya, yaitu untuk menginterprestasikan karya-karya anggota UKMP. Menurut salah satu pengunjung, “Pameran karya tahun ini sangat bagus, soalnya acara ini merupakan  barometer anak UKMP dan acara ini merupakan ajang bagi teman-teman untuk menumbukan kepercayaan diri dalam menulis,” ujar Debu S, anggota dari Teater Hitam Putih.

PK UKMP telah berlanggsung selama tujuh tahun dan merupakan  kegiatan rutin UKMP yang diselenggarakan setiap tahun. Sebelumya, kegiatan PK selalu dilaksanakan di perpustakaan pusat atau di gazebo perpustakaan. Tahun ini merupakan pertama kalinya PK berlangsung di Gedung Sasbud. Menurut salah satu dosen Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Moch. Nurfahrul Lukmanul Khakim yang menjadi pembedah buku “Tandak” berpendapat  bahwa PK tahun ini sangat megah tidak seperti tahun sebelumnya dan para pengujungnya dapat terkondisi dengan teratur. “Penataannya sudah oke,” tambahnya.”

PK memamerkan hasil dari karya-karya anggota UKMP yang ditata rapi di depan dan di dalam Gedung Sasbud agar para pengunjung bisa dengan leluasa membaca karya-karya tersebut.  Selain itu, terdapat pula beberapa buku dari penulis-penulis terkenal Kota Malang.

Royyan Julian, pemateri bedah buku “Tandak” yang menghadiri acara PK UKMP  menuturkan, “If you wanted be a good writer, to be a good reader.  jika kamu ingin menjadi penulis yang baik, kamu harus menjadi pembaca yang baik.” (mry//bia)

Tinggalkan Balasan