Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gerakan Peduli Inklusi dan Disabilitas (GEMPITA) merupakan salah satu UKM yang baru diresmikan  tahun ini oleh Universitas Negeri Malang (UM). Awalnya, UKM ini berbentuk Unit Aktivis (UA) pada lingkup fakultas, bergerak untuk mendampingi mahasiswa disabilitas.

“Ternyata pada saat PKKMB, fasilitas seperti ini sangat dibutuhkan. Tapi karena ruang lingkup kita yang kecil maka gerakan kita terbatas,” ucap M. Ikhwan Maulana, Penanggung Jawab Penampilan GEMPITA di PKKMB.

Ikhwan mengatakan bahwa sejak GEMPITA berubah menjadi UKM koordinasi dengan BEM U lebih mudah dan dapat terlibat secara langsung dalam kegiatan PKKMB untuk mendampingi mahasiswa disabilitas.

Pada hari kedua Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), UKM peduli difabel ini mendapat tugas untuk tampil mengisi ice breaking. Hal ini menjadi pengalaman baru sekaligus menjadi kesempatan bagi UKM GEMPITA.  “Kita dimintai tolong mengisi acara, ini kesempatan kita mengeksistensikan diri di antara maba-maba. Tema penampilan hari ini itu drama musical dengan sentuhan bahasa isyarat,” ujar pria asal Kalimantan Selatan ini.

Salah satu pemeran drama musical ini mengaku senang bisa ikut berkontribusi di PKKMB 2018. “Senang karena dapat kesempatan tampil juga karena dulu kan jadi yang menonton. Walaupun agak grogi juga takut salah, tapi lebih banyak senengnya,” ujar Linda Suci Triliana mahasiswi angkatan 2016. (ftz/klw//bia)

Tinggalkan Balasan