SiaranKKN – Program kerja Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis di Desa Ngadirejo, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang yang dicanangkan oleh mahasiswa UM, berhasil terlaksana berkat kerjasama dengan Malang Care (18/6).

Pemeriksaan dan pengobatan gratis ini dilaksanakan di Balai Desa Ngadirejo pada pukul 08.00 – 12.00 WIB. Dalam pelaksanaan program kerja dari Divisi Kesehatan ini, kami sengaja memilih Malang Care untuk bekerja sama karena kesamaan misi, yaitu peduli pada kesehatan masyarakat.

Malang Care merupakan sebuah komunitas peduli Malang-Indonesia yang bergerak di bidang kesehatan. Komunitas ini rutin melakukan misi sosial berupa pengobatan gratis tiap akhir pekan. Tenaga kesehatan di Malang Care ini tidak semua berlatarbelakang dokter, banyak volunteer umum yang ikut berpartisipasi dan memiliki jiwa peduli terhadap kesehatan masyarakat.

Kegiatan ini merupakan bentuk misi sosial dengan menyediakan pelayanan kesehatan gratis pada warga Desa Ngadirejo yang kurang mampu. Kuota tersedia bagi 60 warga dengan memberikan kupon yang harus dibawa saat pemeriksaan. Dari kuota 60 warga tersebut, yang datang ke balai desa sebanyak 37 warga.

Perawat Malang Care sedang memberikan pelayanan pada warga. Foto: KKN UM Ngadirejo

Menurut Ketua Umum Malang Care, dr. Canggih Sakina Hans, acara pemeriksaan dan pengobatan gratis ini sudah dapat dikatakan berhasil, karena yang datang dan berpartisipasi sudah lebih dari 60% dari kuota yang disediakan. Meskipun demikian, beliau berharap semoga kedepannya lebih banyak lagi warga Desa Ngadirejo yang sadar akan pentingnya berobat dan melakukan pengecekan kesehatan.

Pihak Malang Care mengerahkan tenaga kesehatan sebanyak 6 orang, yang terdiri dari 2 dokter, 2 perawat, dan 2 apoteker. Alur pelaksanaan pemeriksaan dan pengobatan gratis ini dimulai dari penukaran kupon, pengecekan tekanan darah oleh perawat, lalu konsultasi dan pemeriksaan oleh dokter sekaligus diberikan resep, dan yang terakhir pasien dapat mengambil obat sesuai dengan resep di apoteker. Jadi, dalam program kerja ini, warga Desa Ngadirejo tidak hanya diperiksa, tetapi juga diberi obat sesuai dengan resep dokter dari Malang Care secara gratis.

Bentuk kerjasama dari kami, KKN UM Ngadirejo dengan Malang Care dilakukan dengan membantu pendataan warga desa yang pantas mendapatkan layanan kesehatan gratis. Tentu saja dengan  berdasarkan pertimbangan dari masing-masing Kepala Dusun di Desa Ngadirejo (Krajan, Cendol, dan Karangtengah). Kemudian disebarkan ke ketua RT untuk memilih warganya yang memang membutuhkan layanan kesehatan gratis ini.

Dengan demikian, layanan kesehatan gratis yang diberikan menjadi tepat sasaran dan tidak melebihi kuota yang disediakan. Sementara itu, kami sebagai mahasiswa KKN juga membantu pada saat pelaksanaan pemeriksaan gratis mulai dari proses registrasi, mengarahkan warga berdasarkan alur yang telah ditentukan, dan juga membantu apoteker dalam memberikan obat sesuai dengan resep dokter.

Apoteker Malang Care sedang bertugas menyediakan obat gratis bagi warga Desa Ngadirejo. Foto: KKN UM Ngadirejo

Sebagian besar warga yang mendapatkan kupon adalah warga kurang mampu dan lansia sehingga kesulitan akses untuk mobilisasi. Selain itu, lokasi balai desa juga cukup jauh apabila ditempuh dengan berjalan kaki. Maka dari itu, kami juga menyediakan layanan antar jemput dari rumah ke balai desa hingga kembali ke rumah lagi. Karena kami tak ingin warga Desa Ngadirejo melewatkan kesempatan untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis ini.

Dosen Pembimbibing Lapangan kami, Prayogi Dwina Angga, menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan program kerja ini untuk kami pada penutupan acara. Senang sekali rasanya karena kami dapat memberikan sumbangan sosial pada warga. Tak lupa juga beliau menyampaikan banyak terima kasih pada Malang Care atas kerjasamanya sehingga program kerja dari Divisi Kesehatan ini berjalan dengan lancar dan bermanfaat untuk warga Desa Ngadirejo.

Harapan kami ke depannya, akan semakin banyak aksi sosial yang dapat kami lakukan yang memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat. Dalam ranah kesehatan, terkhusus di Desa Ngadirejo, tempat kami berlabuh, kami harap setelah diadakannya layanan kesehatan gratis seperti ini warga dapat lebih paham akan pentingnya pengobatan dan pengecekan kesehatan. Oh iya, (sekali lagi) terima kasih Malang Care!

Reporter & Penulis: Anggit Sarwendah Larasati

Penyunting: Rizka

Tulisan ini berasal dari kontributor rubrik spesial #SiaranKKN – Kita Ke sana Ngapainuntuk mewadahi dokumentasi kegiatan KKN Mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Yuk, kirimkan milikmu! (Baca: [#SiaranKKN] – Hei, Kita Ke sana Ngapain?)

Tinggalkan Balasan