SiaranKKN—Desa Rowokangkung, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang dikenal dengan komoditas pertanian. Desa Rowokangkung memiliki prioritas komoditas pertanian padi, cabe, tomat, terong, jeruk, mangga, dan melon. Meskipun begitu, masih banyak lahan kosong yang perlu diolah.

Kamis (4/6) telah berlangsung demo pembuatan minuman herbal. Demo ini diadakan di Balai Desa Rowokangkung oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pulang Kampung Edisi Covid-19 Universitas Negeri Malang tahun 2020. Dihadiri oleh 13 anggota Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), acara ini menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid 19 yakni, mencuci tangan sebelum acara berlangsung, memakai masker, dan pengaturan jarak kursi duduk.

Ibu-ibu PKK

Demo pembuatan minuman herbal terdiri dari pembuatan wedang jahe, sereh, jamu beras kencur, kunyit asem, dan sinom. Demo ini merupakan bagian dari program kerja dari mahasiswa KKN yakni sosialisasi pembuatan minuman herbal.

Demo pembuatan minuman herbal

Sosialisasi pembuatan minuman herbal masuk ke dalam program kerja KKN mengingat sejak pandemi Covid-19 menyerang, segala produk dengan klaim pencegahan dan penyembuhan yang mendadak laris di pasaran, tak kecuali ragam rempah seperti jahe, temulawak, dan kunyit. Banyak yang percaya bahwa ragam rempah tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat menangkap virus corona. Sehingga membuat harga ragam rempah tersebut melonjak naik.

“Sosialisasi buat jamu itu kan sialnya ini lagi masa pandemi Covid-19, selain menjaga kebersihan, pakai masker, nah minuman herbal atau jamu itu dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga kita dapat terhindar dari virus corona.” ujar Windhi, salah satu peserta KKN Rowokangkung yang mendemokan pembuatan minuman herbal.

Penyerahan minuman herbal oleh ketua kelompok KKN kepada Ibu Kepala Desa

Adanya sosialisasi ini diharapkan Masyarakat Rowokangkung berdaya melakukan upaya pencegahan dan melindungi diri Covid-19 dengan back to nature yakni memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami ragam rempah dan mengonsumsi minuman herbal guna meningkatkan daya tahan tubuh.

Pewarta: Mita

Fotografer: Wisang

Penyunting: Dina

*Tulisan ini berasal dari kontributor rubrik spesial  [#SiaranKKN] – Hei, Kita Ke sana Ngapain? untuk mewadahi dokumentasi kegiatan KKN Mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Tinggalkan Balasan