Rabu (3/6) Mahasiswa KKN UM Pulang Kampung Edisi Covid-19 melaksanakan Penyuluhan yang bertema “Herd Imunity dan New Normal” di Desa Bendo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung.

Penyuluhan dihadiri oleh perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Perangkat Desa, dan perwakilan Karang Taruna. Penyuluhan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan, seperti mencuci tangan sebelum masuk ke balai desa, menggunakan masker, dan pembatasan sosial (social distancing).

Peserta penyuluhan Herd Imunity dan New Normal

Sebelum melakukan penyuluhan, ditayangkan video edukasi mengenai cara mencuci tangan yang benar dan cara pencegahan Covid-19. Tujuan diadakannya penyuluhan adalah untuk mengenalkan warga masyarakat Desa Bendo tentang kebijakan New Normal yang akan dilakukan oleh pemerintah dalam waktu dekat ini. Supaya masyarakat bisa mengetahui lebih detail bagaimana dan apa saja aturan-aturan yang ada pada kebijakan New Normal tersebut serta bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi kebijakan tersebut.

Pemberian materi penyuluhan oleh Mahasiswa KKN Desa Bendo

Kegiatan lain yang dilakukan mahasiswa KKN UM yaitu menyalurkan bantuan berupa 1000 masker dan vitamin C kepada Masyarakat Desa Bendo dan penempelan poster yang bertema Covid-19. Poster ditempelkan pada tempat-tempat yang sekiranya terdapat kerumunan, seperti masjid, mushola, pos kamling, dan posko covid-19, sedangkan masker dibagikan langsung kepada ketua RW setempat yang akan dibagikan kepada anggota masyarakat.

Penyerahan secara simbolis poster, vitamin C, dan 1000 masker

“Semoga mahasiswa KKN dapat membawa Masyarakat Bendo menjadi lebih maju, sehingga proker yang dilakukan bisa dirasakan oleh masyarakat Desa Bendo” ujar Maryadi, Kepala Desa Bendo, pada saat sambutan acara penyuluhan.

Mahasiswa KKN berharap, walaupun ditengah pandemi Covid-19 sebisa mungkin mahasiswa KKN tetap bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, sehingga apa yang menjadi kewajiban mahasiswa dalam bidang pengabdian masyarakatdapat dilaksanakan dengan baik.

Pewarta: Lutfiana Farida, Elviani Masfiatur Rosyida

Fotografer: Dhiki Kurnia Setiawan

Penyunting: Mita

*Tulisan ini berasal dari kontributor rubrik spesial  [#SiaranKKN] – Hei, Kita Ke sana Ngapain? untuk mewadahi dokumentasi kegiatan KKN Mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Tinggalkan Balasan