Malang—Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di Indonesia semakin hari semakin meningkat, tak terkecuali di Provinsi Jawa Timur yang menempati peringkat kedua tertinggi dalam kasus positif virus COVID-19. Dalam rangka memutus penyebaran virus COVID-19, Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Kasembon, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang turut berpartisipasi dengan membagikan disinfektan. Tak hanya membagikan, mereka juga melakukan penyemprotan disinfektan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa (16/06).

Mahasiswa UM KKN Desa Kasembon, Bululawang, Malang

Sebelum melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan, mereka menyerahkan 80 liter cairan disinfektan kepada sekertaris desa beserta jajarannya. Setelah mendistribusikan cairan disinfektan mereka juga membantu pihak desa dalam penyemprotan cairan disinfektan. Prioritas utama penyemprotan cairan disinfektan adalah tempat-tempat umum yang sering digunakan oleh warga sekitar seperti balai desa, gedung sekolah, puskesmas, mushola, dan toilet.

Selain menyerahkan cairan disinfektan, mahasiswa KKN juga memberikan video edukasi pembuatan cairan disinfektan yang dapat dipraktikkan oleh Warga Desa Kasembon di rumah masing-masing. Adanya video edukasi tersebut untuk memberikan pengetahuan kepada warga desa agar membuat cairan disinfektan sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapat, serta membantu memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan.

Selaku Sekretaris Desa Kasembon, Bapak Budi Utomo, berharap program kerja (proker) yang diselenggarakan dapat membantu memutus rantai penyebaran virus COVID-19 dan warga desa pun memberikan tanggapan yang baik mengenai proker yg diselenggarakan ini. “Kami berterima kasih kepada mahasiswa KKN UM Desa Kasembon dalam pendistribusian cairan disinfektan dan penyelenggaran penyemprotan di beberapa tempat umum seperti sekolah, balai desa, dan puskesmas. Pembagian cairan disinfektan ini sangat membantu sekali, karena biasanya desa memberikan cairan disinfektan kepada setiap RT sebanyak 15 L dan rencananya kami akan membagikan cairan disinfektan ini ke setiap dusun. Semoga ini bermanfaat dalam menangani penyebaran virus COVID-19 khususnya di Desa Kasembon ini” ujarnya.

Pewarta: Dela Amelia Putri dan Muhammad Rezky Febrian

Fotografer: Azizah tri

Penyunting: Mita

*Tulisan ini berasal dari kontributor rubrik spesial  [#SiaranKKN] – Hei, Kita Ke sana Ngapain? untuk mewadahi dokumentasi kegiatan KKN Mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Tinggalkan Balasan