Jombang—Sabtu (27/06) Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) Kuliah Kerja Nyata (KKN) melakukan kegiatan edukasi mengenai senam lansia, senam remaja, cara mencuci tangan menggunakan sabun, serta etika bersin dan batuk yang benar melalui media video. Kegiatan ini diadakan di Balai Desa Johowinong dan dihadiri 20 orang perwakilan Posyandu Lansia, Balita dan Remaja disetiap dusun. Kegiatan ini juga dihadiri oleh dosen pembimbing lapangan Drs. Maftuchin Romlie, M.Pd dengan perantara social media. Kegiatan dimulai pukul 14.30 s/d 16.45 WIB.

Erdik Febrianto, Hannah Amirah Utomo, Meylani Catur Ambarwati dan Nisa Assifa Hakiki selaku anggota KKN,  berinisiatif membuat video edukasi mengenai senam lansia, senam remaja, cara mencuci tangan pakai sabun dan etika bersin dan batuk yang benar. Senam lansia ini diharapkan dapat mengubah pendapat masyarakat bahwa meskipun memasuki usia tua masyarakat tetap bisa melakukan senam. Tujuan dari senam lansia ini salah satunya untuk melancarkan peredaran darah, sama halnya dengan video edukasi senam remaja. Video edukasi diharapkan dapat mengubah mindset masyarakat Desa Johowinong. Masyarakat biasanya mencuci tangan dengan asal-asalan, setelah melihat video ini, masyarakat dapat mencuci tangan dengan benar. Selain itu, kebiasaan masyarakat ketika batuk dan bersin sembarangan tanpa disadari menyebabkan masyarakat mudah menularkan virus satu sama lain. Dalam hal ini video edukasi yang telah dibuat oleh Mahasiswa KKN, masyarakat mengerti bagaimana etika ketika batuk dan bersin, sehingga pada saat batuk dan bersin mereka tidak akan menularkan virus tersebut ke orang lain. Video tersebut dapat diakses di akun youtube “KKN Desa Johowinong 2020”, hardfile berupa DVD yang diserahkan kepada perwakilan dusun dan kecamatan dan softfile yang bisa disebarkan melalui media sosial.

Pewarta : Meylani Catur Ambarwati

Fotografer : Nisa Assifa Hakiki

Penyunting: Mita

*Tulisan ini berasal dari kontributor rubrik spesial  [#SiaranKKN] – Hei, Kita Ke sana Ngapain? untuk mewadahi dokumentasi kegiatan KKN Mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Tinggalkan Balasan