Pemberian sembako

Pandemi Covid-19 memang belum berakhir, namun pemerintah telah menerapkan new normal untuk menyelamatkan perekonomian negara yang hampir lumpuh dan memulihkannya seperti sediakala. Meskipun begitu, berkaitan dengan memasuki new normal, kondisi perekonomian masyarakat saat ini masih belum stabil dan bahkan masih terdapat warga yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhannya. Khususnya masyarakat di Desa Kupuk, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo. Maka dari itu, Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa tersebut mengadakan kegiatan bakti sosial(Baksos) pada Jum’at (26/6).

Kegiatan baksos dilaksanakan dengan memberikan bantuan berupa paketsembakokepadawargaDesaKupukyang terdampakpandemiCovid-19. Bantuan ini diberikan agar dapat sedikit memperbaiki perekonomian dan meringankan beban warga yang terdampak Covid-19. Penerima bantuan paket sembako dikhususkan untuk warga yang perekonomiannya menurun drastis akibat Covid-19, warga yang terpaksa tak dapat bekerja karena adanya Covid-19, warga yang perekonomiannya kurang mampu, hingga warga lanjut usia yang tak lagi memiliki penghasilan.

Demi melancarkankegiatanbaktisosial (baksos ), Mahasiswa KKN UM telah menyiapkan beberapa paket sembako yang siap diberikan untuk Warga Desa Kupuk. Di Desa Kupuk terdapat lima dukuh yang beberapa warganya membutuhkan uluran tangan, yakni Dukuh Suki, Dukuh Patran, Dukuh Sambirejo, Dukuh Gandu, dan Dukuh Ringin Surup. Dari masing-masing dukuh akan mendapatkan beberapa paket sembako baik warga yang terdampak Covid-19 maupun warga yang perekonomiannya tergolong kurang mampu. Adapun paket sembako ini berisi beberapa bahan pokok pangan seperti,beras, mie, minyak goreng, kecap, dan teh.Kegiatan baksos berlangsung dari pukul 09.00 hingga pukul 11.00 WIB. Pelaksanaan baksos dilakukan langsung oleh Mahasiswa KKN UM dengan prosedur dari rumah ke rumah dengan didampingi oleh Bapak Kamituwo dari masing-masing dukuh dan tak lupa tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Pandemi Covid-19 ini memberikan pengaruh yang begitu besar bagi perekonomian warga, khususnya warga yang tidak memiliki penghasilan tetap. Dengan adanya pemberian paket sembako diharapkan dapat sedikit meringankan beban kebutuhan hidup warga yang terdampak Covid-19. Selain itu, kegiatan ini juga berguna untuk menumbuhkan jiwa kemanusiaan dan empati antar sesama.

Penulis: Umi Laras Dwi Noviani

Fotografer: Sania Alfi Yusrona

Penyunting: Mita

*Tulisan ini berasal dari kontributor rubrik spesial  [#SiaranKKN] – Hei, Kita Ke sana Ngapain? untuk mewadahi dokumentasi kegiatan KKN Mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Tinggalkan Balasan