Malang –Dalam masa pandemi Covid-19 sekarang ini, sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Berlandaskan hal tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang (UM) menciptakan produk karya pengabdian berupa booklet yang berjudul “Hidup Sehat: Resep Sederhana Tingkatkan Imunitas Tubuh”. Booklet tersebut berisi beberapa resep sederhana, baik resep masakan maupun minuman untuk meningkatkan imunitas tubuh. Penyerahan booklet resep sederhana tersebut dilaksanakan pada hari Kamis (25/6) bertempat di Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedung Kandang, Kota Malang.

Penyerahan Booklet kepada Sekretaris Kelurahan Lesanpuro

Produk karya berupa dua booklet, yang diserahkan secara langsung oleh perwakilan kelompok KKN Tematik Jurusan Biologi UM kepada Sekretaris Kelurahan Lesanpuro, Bapak Lukman Santoso, S.A.P. Selain diberikan dalam bentuk hard file, booklet berisi resep masakan sederhana tersebut juga akan diberikan kepada warga Kelurahan Lesanpuro dalam bentuk soft file, berupa ebook dalam bentuk pdf yang disebarkan kepada warga Kelurahan Lesanpuro melalui WhatsApp Grup.

 “Dengan adanya booklet ini semoga saja bisa bermanfaat, dapat dijadikan penghasilan tambahan untuk meningkatkan ekonomi warga, dengan kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini.” ujar Lukman Santoso, S.A.P, selaku Sekretaris Kelurahan Lesanpuro.

Tampilan Booklet Karya Kelompok 8 KKN Tematik UM

Booklet tersebut berisi macam-macam resep inovasi masakan, makanan dan minuman yang dikemas secara sederhana. Resep masakan tersebut dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem imun atau sistem pertahanan tubuh dalam melawan penyakit. Resep masakan yang terdapat dalam booklet tersebut dapat diperuntukkan bagi semua kalangan usia, mulai dari usia anak-anak hingga orang dewasa. Terdapat juga resep masakan untuk balita, sebagai makanan pendamping ASI (MPASI).

Isi dari booklet tersebut juga dilengkapi dengan informasi mengenai kandungan dan manfaat yang terdapat dalam bahan utama yang digunakan dalam masakan yang disertai dengan rujukan dari beberapa artikel hasil penelitian. Adanya informasi mengenai kandungan dan manfaat dalam setiap bahan yang digunakan dalam masakan tersebut, diharapkan warga Kelurahan Lesanpuro tidak hanya sekedar dapat mempraktikkan resepnya saja, melainkan juga mendapat informasi dari dalam booklet mengenai manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari mengonsumsi makanan atau minuman yang diolahnya.

Mahasiswa KKN Tematik Jurusan Biologi berharap, melalui buku ini dapat memberikan sedikit inovasi dan edukasi mengenai masakan-masakan yang dapat dikonsumsi Masyarakat Kelurahan Lesanpuro untuk meningkatkan imunitas tubuh agar tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit dikarenakan imunitas dalam tubuh yang tinggi. Pun diharapkan bisa menjadi ide peluang usaha bagi warga sembari mengisi waktu luang. Sebab mayoritas ibu-ibu PKK di Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedung Kandang, Kota Malang ini berstatus sebagai ibu rumah tangga.

Di masa pandemi Covid-19 seperti yang terjadi saat ini, mengonsumsi makanan atau minuman bergizi tentu sangat dianjurkan, terutama makanan atau minuman yang bahan dasarnya dapat berperan sebagai immunodulator (dapat meningkatkan imunitas tubuh). Melalui booklet resep sederhana ini, warga Kelurahan Lesanpuro dapat mengetahui resep masakan dan bahan makanan maupun minuman yang dapat meningkatkan imunitas tubuh disaat pandemi sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19.

Pewarta: Farida Ariyani

Fotografer: Maghfira Selia I.

Penyunting: Mita

*Tulisan ini berasal dari kontributor rubrik spesial  [#SiaranKKN] – Hei, Kita Ke sana Ngapain? untuk mewadahi dokumentasi kegiatan KKN Mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Tinggalkan Balasan