Malang—Peduli dan berbagi terhadap sesama merupakan kewajiban tiap orang, baik berupa materi ataupun non-materi. Kali ini, Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Candirenggo telah melaksanakan kegiatan Renovasi Gubuk Baca pada Sabtu (27/6) lalu. Kegiatan renovasi gubuk baca ini diselenggarakan di UMKM Dewi-dewi yang terletak di Perumahan Candirenggo Asri RW 15. Meskipun kondisi sedang tidak memungkinkan dengan adanya virus Covid-19, hal tersebut tidak mengurungkan niat mahasiswa KKN untuk melakukan pengabdian.

Kegiatan ini tak hanya merenovasi gubuk baca saja, namun dengan diselingi donasi berupa buku-buku baca dan bantuan memilah dan mengelompokkan buku sesuai jenisnya. Diantaranya yaitu jenis buku Pengetahuan Umum, Pelajaran Sekolah (SMA,SMP,SD), Novel, dan Majalah. Untuk mendukung visual gubuk baca mahasiswa KKN UM 2020 memberikan sentuhan kecil dengan merenovasi Gubuk Baca UMKM Dewi-dewi tersebut. Hal ini bertujuan agar minat literasi masyarakat meningkat dan daftar pengunjung bertambah ramai dengan akhiran gubuk baca yang rapi, indah, dan berwarna.

Dari tahun ketahun kita telah tahu bahwa minat literasi semakin rendah.“Tingkat Literasi adalah tingkat awal untuk tolak ukur dunia pendidikan suatu negara, jika Negara literasinya rendah bias dikatakan dunia pendidikan suatu Negara tersebut sangat membutuhkan perbaikan terlebih literasi seharusnya benar-benar bias dijadikan atau diartikan sebagai budaya. Budaya literasi ini akan menghasilkan peran yang sangat signifikan bagi kita untuk memperbaiki dunia pendidikan.” ujar Nurul Izza selaku Koordinator KKN Desa Candirenggo.

Dengan adanya Gubuk Baca menumbuhkan minat baca warga menjadi semakin besar terhadap buku-buku bacaan serta memperluas wawasan mereka dengan membaca setiap harinya. Dengan minat baca warga yang tinggi dan ketertarikan terhadap buku-buku bacaan, KKN UM 2020 mengadakan open donasi melalui berbagai media social untuk membantu UMKM Dewi-dewi khususnya Gubuk Baca berupa buku-buku bacaan kondisi layak pakai maupun buku-buku baru serta alat tulis dan kerja. Kegiatan open donasi dilakukan oleh KKN UM 2020 mulai tanggal 19 Juni 2020 sampai batas akhir donasi yaitu 28 Juni 2020. Sebanyak 42 buku telah didonasikan serta 100 pembatas buku telah tercetak untuk melengkapi koleksi gubuk baca. Donasi-donasi yang terkumpul digunakan sepenuhnya untuk mengembangkan dan memperbaharui Gubuk Baca agar semakin baik kedepannya juga menarik minat pengunjung.

“Adanya program kerja seperti ini harapan dari kami dengan gubuk baca yang semakin menarik dan tambahan koleksi buku, semoga warga di sekitar sering berkunjung untuk membaca. Terutama anak-anak sebagai generasi penerus bangsa lebih mengisi waktu luang dengan membaca dibandingkan menatap hp” ujar Ibu Sunarmi selaku ketua UMKM Dewi-dewi.

Pewarta dan fotografer: Tim KKN Candirenggo

Penyunting: Mita

*Tulisan ini berasal dari kontributor rubrik spesial  [#SiaranKKN] – Hei, Kita Ke sana Ngapain? untuk mewadahi dokumentasi kegiatan KKN Mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Tinggalkan Balasan