Universitas Negeri Malang (UM) menghadirkan videoklip “UM Rap” dalam rangka menyambut mahasiswa baru 2020. Videoklip tersebut diunggah ke akun Instagram @universitasnegerimalang pada Minggu (20/9) dan diunggah ke platform Youtube channel Universitas Negeri Malang pada Senin (21/9). Keduanya mendapat respon positif baik dari banyak orang maupun mahasiswa baru UM 2020.

Per tanggal 27 September 2020, lagu Rap yang dinyanyikan oleh Ern Myra dan Mukti Irianto telah mencapai 9955 viewers Youtube. Pada kolom komentar pun banjir oleh pujian.

 “Sebenarnya aku takut banget kalo nanti hasilnya jelek dan malu-maluin perguruan tinggi tapi ternyata responnya positif, alhamdulillah” kata Ern Myra,  Mahasiswa Pendidikan Seni Tari dan Musik UM dengan konsentrasi musik angkatan 2017.

Selaku Dosen Sastra UM dan salah satu pencipta lirik “UM Rap” berjudul Salam Cakrawala, Andreas mengungkapkan bahwa videoklip tersebut dibuat dan didedikasikan untuk menyambut mahasiswa baru sekaligus memperkenalkan salam khas UM berdasarkan persetujuan Rektor UM. Cakrawala menjadi karakter unggul Mahasiswa UM, yang bermakna confident, active, knowledgeable, respectable, adaptable, wise, achieving, learning, dan authentic.

“Diawali dari divisi branding, gagasan untuk produksi ‘Rap UM Salam Cakrawala’ ini disambut oleh Panitia PKKMB dan Humas UM untuk memberi suatu persembahan khusus untuk adik-adik mahasiswa baru pada closing video pembukaan PKKMB dihari pertama” ungkap Andreas.

Latar belakang adanya “UM RAP” ini ialah konsep penjelasan tentang Cakrawala yang akan dijelaskan mengunakan pemaparan presentasi, namun setelah melalui pertimbangan, akhirnya diswitch menjadi lagu Rap hingga kemudian menjadi soundtrack yang dapat dikenang dan mudah diingat bersama Jingle Laskar Dewantara Muda—yang telah dibuat oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UM sebelumnya.

“Kerenn sih, unik gitu. Maksud isinya juga tersampaikan walaupun pakai beat Rap yang cepet, soalnya ada tulisan liriknya. Asik Rapnya bisa gampang diinget bagian reff nya.” ujar Chintya salah satu internet citizen (netizen) Instagram. Sama halnya juga menurut Dafa, Mahasiswa UM 2020 asal Mojokerto yang juga berpendapat bahwa dari segi lirik sangat memotivasi dan dari segi musik tidak membosankan serta tidak monoton.

“Yang meminta untuk membuat lagu Rap adalah dosen yang akan berpidato untuk sambutan maba yang untungnya bapaknya sangat millenial karena tahu kalo ospek-online-pidato akan benar-benar membosankan, sehingga beliau mencetuskan ide ini, dan aku sangat setuju karena aku orang yang gampang bosen ditambah juga identitasnya UM ini kayak semoga bisa jadi kampus yang mendidik tapi ngikutin jaman.” ujar Ern Myra.

Proses recording audio untuk video tersebut dilakukan satu malam, shooting video satu hari di sekitar kampus UM, untuk mixing mastering audio diserahkan pada @paradutarecord, dan editing video diserahkan pada Mahasiswa DKV.

UM benar-benar menghadirkan sesuatu yang unik, segar, dan baru dengan terbitnya UM Rap. Terlebih, respon orang-orang yang beragam dan positif menjadikan UM terkesan sebagai kampus kekinian. (ypa//mta)

Tinggalkan Balasan