Mahasiswa KKN UM Adakan Penyuluhan dan Pelatihan Media Pembelajaran Daring ‘Lectora’ – #SiaranKKN2021

Trenggalek — Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan penyuluhan dan pelatihan media pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi lectora pada guru-guru Sekolah Dasar (SD) di Desa Bendorejo, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur pada Sabtu (10/7).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Bendorejo mulai pukul 09.15 hingga 12.45 WIB. Peserta undangan merupakan perwakilan guru dari tujuh SD di Desa Bendorejo, yakni SDN 1 Bendorejo, SDN 2 Bendorejo, SDN 3 Bendorejo, SDN 4 Bendorejo, SDN 5 Bendorejo, SD IT Nuurul Fikri Pogalan, dan MI Yapendawa. Dari tiap SD, diambil 1 perwakilan guru kelas 5 atau kelas 6 yang mampu mengoperasikan komputer.

Penyuluhan serta pelatihan tersebut merupakan upaya mahasiswa KKN UM dalam membantu mengatasi masalah pembelajaran daring. Dalam proses penyuluhan diketahui banyak masalah yang dihadapi guru dalam pembelajaran daring, mulai dari kesulitan jaringan, latihan soal yang dikerjakan oleh orang tua, dan media yang kurang menarik minat siswa.

Sebelum acara dimulai, Hastin Nurrohmah selaku Sekretaris Desa Bendorejo turut memberikan sambutan. “Semoga dengan diadakannya pelatihan ini, dapat menambah wawasan para guru di Desa Bendorejo ini, dan dapat belajar mengenai teknologi bersama dengan adik-adik KKN ini,” ungkap Hastin.

Mauriza Junna Wiryawan selaku penanggung jawab dari program kerja pelatihan lectora mengungkapkan bahwa guru dituntut untuk terus berinovasi terutama dalam hal menguasai teknologi agar siswa tidak bosan dalam belajar. “Dengan membuat media pembelajaran menggunakan aplikasi lectora, diharapkan dapat memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran di masa pademi Covid-19 atau sering disebut pembelajaran daring,” kata Junna.

Aplikasi lectora sendiri merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat presentasi dan media pembelajaran interaktif lainnya dengan mudah. Beberapa fitur yang merupakan unggulan aplikasi ini antara lain adalah adanya berbagai template untuk membuat soal-soal interaktif dan game flash yang menarik.

Dalam proses penyuluhan, dipaparkan secara rinci alasan pentingnya menggunakan media dalam menunjang proses pembelajaran.  “Dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi lectora ini, pembelajaran akan lebih bervariatif, dan apabila pembelajaran bervariatif, maka siswa lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru.” jelas M. Mahsun Masduqi, mahasiswa KKN UM dari Fakultas Ekonomi yang ditunjuk sebagai pemateri dalam kegiatan ini.

Setelah pemaparan materi secara umum yang dilakukan oleh Mahsun usai, kegiatan dilanjutkan dengan praktik membuat media yang dipandu oleh Yusrica Paulina, mahasiswa KKN UM dari jurusan Teknologi Pendidikan (TEP). Agar memudahkan jalannya praktek lectora, tiap guru didampingi oleh 1 (satu) mahasiswa KKN untuk membuat media pembelajaran.

Pewarta: Mauriza Junna W.

Penyunting: Yusrica Paulina

Tulisan ini berasal dari kontributor dan diterbitkan sebagai bagian dari rubrik spesial #SiaranKKN2021 yang bertujuan untuk mendokumentasikan kegiatan KKN mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Tinggalkan komentar