Wujudkan Kebersihan Lingkungan, Mahasiswa KKN UM Membuat Tempat Sampah Umum untuk Desa Glagah – #SiaranKKN2021

Banyuwangi – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) membuat sejumlah tempat sampah umum untuk Desa Glagah, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pembuatan tempat sampah tersebut dilakukan sejak Selasa (6/7) dan berlangsung selama beberapa hari. Kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari sosialisasi bank sampah yang telah diadakan sebelumnya.

Tempat sampah umum tersebut di atas dibuat dengan bahan dasar bambu dan dicat warna putih, sehingga warga Desa Glagah dapat berkreasi dalam lomba pewarnaan tempat sampah yang digelar kemudian. Pembuatan tempat sampah umum ini bertujuan agar Desa Glagah memiliki lingkungan yang bersih; meningkatnya kesehatan warga desa; bertambahnya pengetahuan warga desa mengenai sampah; serta bertambahnya kesadaran warga desa mengenai kebersihan lingkungan. Tersedianya tempat sampah umum diharapkan membuat warga desa membuang sampah pada tempatnya, alih-alih di sungai atau tempat-tempat lain secara sembarangan, mengingat sebelumnya, Desa Glagah belum memiliki tempat sampah umum.

Dalam melaksanakan program kerja ini, Mahasiswa KKN UM didukung oleh perangkat desa dan dosen pembimbing KKN, Mohammad Iqbal Firdaus. Mahasiswa KKN UM berharap, program kerja ini dapat menjadi langkah awal bagi masyarakat khusunya warga Desa Glagah, untuk mewujudkan kebersihan lingkungan yang dapat dimulai dari desa-desa, kemudian berkembang ke masyarakat luas.

Selain pembuatan tempat sampah umum, mahasiswa KKN UM juga melakukan program kerja lainnya seperti vaksinasi; penyemprotan disinfektan; pelatihan media sosial dan desain grafis; lomba mewarnai dan story telling anak-anak; pembuatan video profil desa; pembuatan film pendek mengenai pencegahan Covid-19; serta pembuatan video mengenai pengolahan dan daur ulang sampah.

Pewarta: Selma Yasinta A.

Penyunting: Avif Nur Aida

Tulisan ini berasal dari kontributor dan diterbitkan sebagai bagian dari rubrik spesial #SiaranKKN2021 yang bertujuan untuk mendokumentasikan kegiatan KKN mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Tinggalkan komentar