Mengintip Keseruan Mahasiswa KKN UM Bersama Masyarakat Desa Senggreng Saat Hari Raya Idul Adha – #SiaranKKNUM2023

Tim KKN UM

Kamis (29/06/2023), sekelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) asal Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan program kerja “Membantu Kepanitiaan Hari Raya Iduladha” Kegiatan tersebut berlangsung di Masjid Ar-Ridho, Desa Senggreng, Kecamatan Sumber Pucung, Kabupaten Malang.

Semalam sebelumnya (28/06/2023), para mahasiswa mengawali kegiatan dengan takbiran bersama. Mahasiswa KKN UM melakukan takbiran secara bergantian baik laki-laki maupun perempuan. Dimulai pada pukul 19.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Di samping itu, terdapat pemuda takmir masjid bertugas mengawal anak-anak untuk melakukan takbiran keliling sambil membawa obor. Setelah lewat tengah malam, mahasiswa KKN UM diperkenankan kembali beristirahat dan kegiatan takbiran akan dilanjutkan oleh pemuda takmir masjid.

Baca Juga : Menuju Masyarakat Tanggap Bencana, Mahasiswa KKN UM Sosialisasi Mitigasi Bencana di SMP Dharma Wanita 01 Senggreng – #SiaranKKN2023

“Besok subuh tolong datang lagi ya, untuk salat subuh berjamaah sekaligus membantu bersih-bersih area sekitar masjid untuk sholat Idul AAdha,  ujar ketua takmir masjid. Keesokan paginya, para mahasiswa KKN berangkat bersama menuju masjid. Seusai salat subuh, mereka  mulai mengkondisikan tempat untuk salat Idul Adha. Halaman disapu lalu digelar sajadah, karpet, tikar, hingga terpal untuk antisipasi jemaah yang membludak. Sisa waktu menjelang salat Iduladha mereka gunakan untuk takbiran kembali.

Tim KKN UM

Meski diwarnai rintik hujan yang cukup deras tidak mengganggu pelaksaan khotbah salat Idul Adha. Para jemaah tetap khusyuk beribadah hingga selesai. Mahasiswa KKN UM pun ikut membantu pemuda takmir masjid merapikan tempat salat. Mereka melipat kembali terpal, tikar, karpet, dan sajadah yang digunakan walaupun sedikit basah. Setelahnya mereka pun kembali untuk beristirahat.

“Terimakasih kepada adik-adik KKN karena telah membantu bersih-bersih selama persiapan salat eid, jika merasa capek boleh pulang terlebih dahulu untuk istirahat dan melakukan persiapan diri untuk sholat Idul Adha nanti,” ustaz Masjid Ar-Ridho.

Baca Juga : Mahasiswa KKN UM Berikan Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Di SD Negeri 1 Senggreng -#SiaranKKN2023

Namun, sebelum kembali para mahasiswa UM itu menyempatkan waktu untuk sarapan terlebih dahulu. “Semuanya berkumpul, semua sudah dibereskan kalau begitu mari kita sarapan terlebih dahulu sebelum melaksanakan penyembelihan,” ujar ketua takmir. Selesai sarapan mahasiswa KKN UM berpamitan pulang untuk ganti baju dan briefing kegiatan penyembelihan hewan kurban terlebih dahulu. Setelah bersiap, mereka segera berkumpul kembali di posko KKN dan menuju ke lokasi penyembelihan hewan kurban.

Tim KKN UM

Mahasiswa KKN UM berangkat ke lokasi penyembelihan hewan qurban 5 menit sebelum penyembelihan di mulai yaitu sekitar pukul 08.55 WIB. Terdapat 4 ekor hewan kurban yaitu, 3 ekor kambing dan 1 ekor sapi. Penyembelihan diawali dengan menyembelih 3 ekor kambing terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan 1 ekor sapi. “Untuk nanti pembagian tugas yang laki-laki memotong daging dan membersikan isi perut hewan kurban di sungai. Sedangkan yang perempuan bisa menimbang dan membungkus daging kurban,” ujar Bagus Aditama, penanggung jawab program kerja.

Tim KKN UM

Penyembelihanpun dimulai. Hewan yang telah disembelih akan digantung untuk dikuliti. Di mana hal itu menjadi tugas para lelaki. Setelah dikuliti, isi perut hewan kurban akan dikeluarkan. Lalu, diangkut dengan mobil pick up untuk dibersihkan di sungai. Daging dan tulang pun dipisahkan guna dipotong kecil-kecil untuk dibagikan. Dalam sebungkus jatah daging hewan kurban memiliki berat kurang lebih dua kilogram. Berisi daging, tulang, dan jeroan yang telah dibersihkan.

Daging-daging yang telah dipotong kecil-kecil itu akan dibagikan kepada warga sekitar. Dengan mobil pick up tadi, panitia kurban dari rumah satu ke rumah lain berkeliling desa untuk membagikan daging kurban itu kepada warga yang berhak dan membutuhkan. Akhirnya, seluruh kegiatan berakhir pada pukul 13.00 WIB.

“Terimakasih atas bantuan dari adik-adik KKN karena kegiatan alhamdulillah sudah selesai dengan lancar maka diperbolehkan untuk pulang beristirahat,” ujar ustaz Masjid Ar-Ridho.

Usai sudah kegiatan Idul Adha di Desa Senggreng hari itu. Walau sempat diwarnai hujan, syukurlah kegiatan kerja sama mahasiswa KKN UM dan panitia kurban itu berjalan dengan lancar. Semoga kegiatan ini bisa terus berlangsung bertahun-tahun kedepan dengan lancar dan tanpa kendala yang berarti.

Penulis : Bagus Aditama

Editor : Soom Mayvelyne T. A.

Tulisan ini berasal dari kontributor dan diterbitkan sebagai bagian dari rubrik sepesial #SiaranKKNUM2023 yang bertujuan untuk mendokumentasikan kegiatan KKN mahasiswa Universitas Negeri Malang

Tinggalkan komentar