Mahasiswa KKN UM Dirikan Titik Literasi dan Budaya di Situs Sumberawan – #SiaranKKN2021

Malang – Pandemi tidak menjadi penghalang bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat secara rutin dilakukan melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tiap tahunnya. Di masa pandemi, Universitas Negeri Malang (UM) memfasilitasi mahasiswa untuk melaksanakan KKN dengan menerapkan protokol kesehatan.

Memanfaatkan momen tersebut, mahasiswa KKN UM Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang membuat infografis yang memuat berbagai informasi soal stupa di Situs Sumberawan. Informasi tersebut meliputi struktur, lokasi, toponimi, sejarah, fungsi, dan kegiatan yang biasanya digelar. Penyusunan informasi dibantu oleh laboran sejarah, Candra Kurnia Putra.

Infografis Stupa Sumberawan

Pada Sabtu (24/7), infografis tersebut dipasang di depan stupa agar pengunjung dapat memahami seluk-beluk stupa dengan mudah. Titik pemasangan infografis tersebut diberi nama “Titik Literasi dan Budaya”

Dika sebagai juru pelihara stupa, menyampaikan terima kasihnya kepada mahasiswa KKN UM atas dedikasi mereka dalam pembuatan infografis. Ia berharap, infografis tersebut dapat menambah pengetahuan pengunjung. “Semoga dengan pembuatan infografis ini akan membawa manfaat bagi pengunjung yang datang untuk menambah pengetahuan tentang sejarah cagar budaya yang ada,” harapnya.

Pewarta: Praisela Virginia Fransisca E. S.

Penyunting: Avif Nur Aida

Tulisan ini berasal dari kontributor dan diterbitkan sebagai bagian dari rubrik spesial #SiaranKKN2021 yang bertujuan untuk mendokumentasikan kegiatan KKN mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Tinggalkan komentar