Mahasiswa KKN UM Randugenengan Ciptakan Buku Saku Kombinasi Komik Tanggap Covid-19

Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Edisi Covid-19 mengembangkan buku saku edukasi Covid-19 kepada masyarakat Desa Randugenengan, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto. Terdapat empat anggota dari tim program kerja ini, yaitu Muhammad Ifan Nur Yulianto (S1 Pendidikan Sejarah) sebagai penanggungjawab, Fajar Sudrajat Trinovan (S1 Geografi), Muchammad Septian Dwi Aldiansyah (S1 Geografi), dan Hilda Erianti (S1 PendidikanSejarah). Kegiatan ini merupakan implementasi dari slogan Universitas Negeri Malang yang tertuang dalam Mars UM, yang berbunyi:

“…UM mendidik dan mengabdi

Berbakti dengan tulus hati

Berkarya membangun jati diri

Cinta kreasi inovasi prestasi…”

Cukup jelas makna yang tertuang dalam slogan tersebut, sebagai mana inovasi ini sejalan dengan tujuan dari pembuatan buku edukasi Covid-19 ini. Tujuan dari pengembangan buku saku Covid-19 ini bukan hanya memberikan edukasi saja, namun juga sebagai wujud mengabdi kepada masyarakat. Pengabdian yang dilakukan dengan mentransferkan ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah yang kemudian diimplementasikan kepada masyarakat.

Buku Saku Covid-19 terdapat 10 halaman. Di dalam buku saku edukasi Covid-19 terdapat beberapa materi yang disampaikan. Materi-materi tersebut yaitu meliputi: (1) Sejarah kemunculan pandemi Covid-19; (2) Pengertian Covid-19; (3) Langkah menjaga daya tahan tubuh dari Covid-19; dan (4) Menghindari stigma sosial di tengahpandemi Covid-19. Bukanhanyamaterisaja yang disampaikan, bukusakuini di lengkapi dengan komik pendek pada halaman terakhir yang bertujuan untuk menambah daya tarik dan minat untuk membaca.

Buku saku ini didesain semenarik bertujuan untuk menambah daya tarik pembaca. Bukan hanya itu, materi di dalam buku saku juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Dengan disusunnya buku saku ini, Mahasiswa KKN UM berharap masyarakat Desa Randugenengan dapat memahami pentingnya protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Bukan hanya itu saja, di dalam buku saku ini juga dilengkapi dengan fakta-fakta terkait Covid-19 yang bertujuan untuk menghindari stigma sosial ditengah pandemi Covid-19.

Sebagai wujud pengabdian mahasiswa KKN Randugenengan ini, sehingga buku saku ini dibagikan kepada masyarakat dan instansi pendidikan yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Huda Desa Randugenengan.

Pewarta: Hilda Erianti

Fotografer: Muchammad Ifan

Penyunting: Mita

*Tulisan ini berasal dari kontributor rubrik spesial  [#SiaranKKN] – Hei, Kita Ke sana Ngapain? untuk mewadahi dokumentasi kegiatan KKN Mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Tinggalkan komentar