13 Juli 2024 7:55 PM
Search

Andalkan Sosmed, Maba Kurang Informasi

Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi (PKPT) yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Malang (UM) tinggal hitungan jam. Seluruh panitia PKPT,

Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi (PKPT) yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Malang (UM) tinggal hitungan jam. Seluruh panitia PKPT, Mahasiswa baru (maba), juga seluruh civitas yang terlibat pun telah mempersiapkan PKPT tahun 2014 ini dengan begitu antusias. Dihari terakhir yang seharusnya digunakan para maba untuk mempersiapkan diri untuk PKPT sebagian maba masih gagap informasi tentang PKPT. Kebanyakan dari maba tersebut bingung bahkan tidak tahu tentang pengumuman dan ketentuan-ketentuan untuk pelaksanaan PKPT. Seperti yang terjadi pada Maba FIP, FIS, FE.

FIP

Menggantungkan pada pengumuman yang tertera website resmi UM di laman um.ac.id, banyak maba FIP yang menolak percaya pada informasi yang berasal selain dari pengumuman tersebut. Beberapa maba malah tidak mengetahui pengumuman yang dimuat pada website UM, mereka hanya mendapat pengumuman dari kertas selebaran berisi pengumuman yang dibagikan oleh pihak kampus pada saat registrasi. Salah seorang maba bernama Riska menuturkan “Saya dapat pengumuman PKPT ini saat registrasi kemarin, dari selebaran yang dibagikan petugas registrasi. Kalau teman saya lihat pengumuman di website UM.”. Padahal pihak panitia di FIP, khususnya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang membawahi langsung PKPT di FIP mengaku telah menyediakan segala informasi tentang PKPT. Namun, BEM FIP hanya menyebar informasi PKPT melalui website dan di sosial media (sosmed) seperti facebook dan twitter. “Kita tidak menyediakan lembaga yang di luar, kita hanya menyediakan di laman kami pada facebook dan twitter.” terang Bagus selaku ketua BEM FIP. Mereka juga berdalih, hal ini disebabkan adanya larangan untuk mengumpulkan maba pra-PKPT. Diakui oleh BEM FIP sendiri bahwa dari sekitar 750 maba FIP, tidak mungkin semuanya terus memantau dan memantengi gadget untuk menanti informasi PKPT yang diunggah oleh BEM FIP. Kurangnya pengetahuan maba FIP akan informasi yang disajikan BEM FIP, dapat dilihat dengan minimnya maba yang menjadi pengikut di grup facebook yang disediakan BEM FIP. Hanya kurang lebih 200 maba dari keseluruhan Maba FIP yang bergabung. Hal ini tentulah sangat disayangkan, mengingat informasi sangatlah penting bagi para Maba untuk melakukan persiapan PKPT.

FE

Pemberitahuan persiapan PKPT di media sosial yang dilakukan oleh panitia PKPT FE, dinilai Maba banyak yang simpang siur. Begitu juga di website UM yang perkembangan informasinya terbatas untuk Maba. “Saya baru dapat informasi tentang PKPT dari fakultas sedangkan pelaksanaannya kurang dua hari lagi. Informasinya hanya secara umum dan  itu pun masih berupa tanya jawab saja di media sosial. Saya punya banyak pertanyaan tapi kurang leluasa kalau hanya di media sosial,” keluh salah satu maba FE.

FIS

Sosialisasi melalui social media juga dilakukan oleh panitia PKPT FIS. Social media yang dipilih adalah facebook, dimana panitia membentuk sebuah grup khusus Maba FIS. Grup ini dibanjiri dengan pertanyaan-pertanyaan berkenaan dengan keperluan PKPT dan lokasi tempat acara akan digelar. (dvp/evl/iey/adt/rdi/eva//gia/yna)

*buletin hal.3. terbit edisi 13 Agustus 2014

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA