14 Juli 2024 12:45 AM
Search

Pengondisian Kurang, Disma Agak Kerepotan

Hari kedua Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi (PKPT) Universitas Negeri Malang (UM) Kamis (14/8) di Fakultas Ekonomi (FE) berjalan

Hari kedua Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi (PKPT) Universitas Negeri Malang (UM) Kamis (14/8) di Fakultas Ekonomi (FE) berjalan kondusif. Ketertiban dan kelancaran di FE tetap terjaga meskipun kegiatan tersebut terbagi di beberapa gedung FE seperti D4, D6, E3, dan E5. Koordinasi kerja panitia PKPT FE yang baik mendukung kekondusifan acara tersebut bisa terwujud.

Tidak dipungkiri masih ada beberapa kendala di awal kegiatan. Ketidaktahuan mahasiswa baru (Maba) tentang ruang PKPT membuat mereka kebingungan. Padahal, panitia sempat memasang daftar nama beserta kelas dan arah panah untuk membantu para Maba menemukan tempatnya masing-masing. Tidak adanya pengondisian Maba dalam barisan juga membuat anggota Disiplin Mahasiswa (Disma) agak kerepotan mengatur mereka. Ada pula beberapa Maba yang terlambat karena salah memasuki ruang. Selain itu, di gedung D6 lantai tiga ada kendala mengenai fasilitas dan ruangan yang digunakan kurang nyaman. “Ini sebenarnya ruang Organisasi Mahasiswa (Ormawa) FE, jadi fasilitasnya tidak untuk pertemuan. Kan aula utamanya di D4. Tempat ini pun ditentukan fakultas,” ujar Wadlihatul Hidayah/Akuntasi 2011.  Bagusnya, kendala-kendala tersebut sudah secepatnya diatasi oleh panitia yang bertugas. “Kemungkinan, untuk hari-hari selanjutnya sudah tidak terjadi lagi kendala seperti ini,” ungkap Alfian Nurdiansyah, Ketua BEM FE.

Meninjau masalah ketertiban, ternyata masih ditemukan Maba yang tidak mematuhi peraturan sesuai ketentuan. Terlambat datang, tidak memakai pita penanda, dan absen tanpa keterangan adalah contoh-contoh pelanggaran yang dilakukan Maba. Panitia sepakat untuk tetap memberikan sanksi ringan pada Maba yang melanggar. Sanksi tersebut masih dalam koridor yang mendidik dan untuk menambah wawasan mereka sendiri karena diwajibkan menulis artikel tentang fakultas mereka sendiri. Hasil tugas tersebut diserahkan pada panitia keesokan harinya melalui Liaison Officer (LO) masing-masing.

Berkenaan dengan kesan dan antusiasme peserta PKPT FE, panitia mengaku minat peserta cukup besar mengikuti acara tersebut. Hal itu dibenarkan oleh salah satu panitia PKPT FE dari BEM FE, Happy Tiara Muslimah. “Maba antusias mengikuti kegiatan ini,” kata mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan 2011 itu. Tema PKPT yang akademis humanis dianggap sebagai pemicu antusiasme Maba karena tidak ada tugas-tugas aneh yang memberatkan. (rdi/eva/lin//yna)

*buletin hal.5. terbit edisi 16 Agustus 2014

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA