UM Fest 2022, Kolaborasi Perdana Program Kemahasiswaan dan Wirausaha

Malang – Universitas Negeri Malang (UM) telah menyelenggarakan acara UM Fest 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 23-24 September

Gambar: Intan/Siar
Dokumentasi/LPM Siar

Malang – Universitas Negeri Malang (UM) telah menyelenggarakan acara UM Fest 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 23-24 September 2022 di area Gedung Graha Cakrawala (Gracak) UM. Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi dua kegiatan, yaitu “Program Orientasi dan Sosialisasi Pembinaan Kemahasiswaan (Prospek) dan Entrepreneur Day, Program Mahasiswa Wirausaha (PMW)”. Dan secara terbuka diikuti oleh seluruh mahasiswa UM, terkhusus untuk Mahasiswa Baru (maba) UM 2022. 

UM Fest 2022, merupakan acara kolaborasi perdana oleh Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni yang bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Forum Komunikasi UKM (Forkom UKM), serta Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) UM di bawah naungan rektorat. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) di kampus kepada maba UM 2022 sebagai bekal untuk mempertimbangkan UKM mana yang akan diikuti, serta memfasilitasi mahasiswa UM yang memiliki minat wirausaha sebagai sarana untuk memperkenalkan produk usaha mereka. 

Tak hanya bertujuan untuk memperkenalkan, UM Fest juga mengadakan beberapa perlombaan yang dapat diikuti oleh peserta Entrepreneur Day maupun pengunjung. Pada kesempatan ini, UM menawarkan dukungan modal usaha dan pendampingan khusus bagi usaha-usaha terbaik yang dipamerkan oleh mahasiswa UM. Penilaian usaha terbaik dilakukan oleh dewan juri yang terdiri atas akademisi, praktisi, dan administrasi. 

“Kita melibatkan tiga sisi yaitu, akademisi, praktisi, dan administrasi. Di nasional jurinya itu dari empat komponen; akademisi, praktisi, administrasi, dan perbankan. Kami kemarin tidak sempat waktu koordinasi dengan bank. Seharusnya, pihak bank juga ikut menilai tentang usaha, namun kan kita gak sempat karena waktu mepet.” ucap Iqbal El Sidiq, Staf Pelaksana, Sie Kesejahteraan dan Kewirausahaan.

Gambar: Shofi/Siar
Gambar: Shofi/Siar

Terdapat 112 stan peserta yang berdiri di Central Park Graha Cakrawala, 42 di antaranya merupakan stan Ormawa UM. Bentuk pengenalan Ormawa UM kepada maba dan pengunjung lainnya tidak hanya terhenti di stan-stan yang telah didirikan. Di dalam Gracak, disajikan pula penampilan-penampilan dari UKM UM. mulai dari UKM kesenian, bela diri, hingga penalaran.  

Dengan demikian, UM Fest 2022 menjadi hal yang baru karena merupakan event kolaborasi dua kegiatan, yaitu Prospek dan Entrepreneur Day. Sebagaimana yang diutarakan oleh Iqbal El Sidiq selaku penanggung jawab bidang Entrepreneur Day, “UM Fest ini kan tahun ini baru terlaksana, pertama tahun ini. Dua gabungan kegiatan antara Entrepreneur Day sama Prospek, muncul namanya UM Fest.” jelasnya.

“Sebelumnya, Entrepreneur Day setiap tahunnya tepatnya pada minggu pertama atau kedua di bulan April. Namun karena adanya pandemi, sehingga (kami) tidak mendapatkan izin mengadakan kegiatan tersebut. Hingga pada akhirnya mendapatkan izin untuk melaksanakan kegiatan ini dengan catatan digabung dengan kegiatan kemahasiswaan yang lain.” lanjutnya. 

Terpantau pada Sabtu (24/9), banyak maba maupun pengunjung lainnya berdatangan ke acara UM Fest 2022 ini. Berbagai respon positif didapat dari berbagai pihak, salah satunya dari Dimas Surya, mahasiswa baru D4 Teknik Rekayasa. “Saya jadi lebih tau UKM yang ada di UM, jadi tertarik mengikuti beberapa di antaranya.” jelasnya. 

Mochamad Rofik, anggota UKM Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) UM, turut memaparkan bahwa banyak maba yang antusias dan tertarik dengan kegiatan UM Fest 2022 ini. “Banyak maba yang datang untuk tensi, terus tanya-tanya terkait Oprec (Open Recruitment) juga.” Selain menjadi ajang dalam mempromosikan UKM-nya, menurutnya acara ini juga dapat menambah pendapatan dari pembukaan stan. “Ditambah lagi pada acara ini juga disediakan stan untuk menambah dana usaha dan pendapatan UKM itu sendiri. Dalam dua hari ini terpantau banyak juga yang laris.” ucap Rofik.

Menurut salah satu peserta Entrepreneur UM Fest, Abdul Munadjat Ahmad, mahasiswa S1 Psikologi angkatan 2018, selain mendapatkan tempat untuk pemasaran produknya dalam acara ini, ia juga mendapat pengalaman baru dalam berwirausaha. “Ada koneksi baru sesama mahasiswa wirausaha, beberapa yang beruntung dapat pendanaan juga, sama buat aku pribadi jadi ada gambaran produk untuk pengembangan, plus jadi tahu penerimaan pasar terhadap produk ku tu gimana.”  jawabannya saat dihubungi via pesan WhatsApp (26/9).


Harapannya, kegiatan UM Fest di tahun-tahun berikutnya dapat terlaksana dengan lebih meriah lagi dan maksimal, termasuk kegiatan Entrepreneur Day, agar dapat mewadahi usaha mahasiswa sebaik mungkin. Seperti yang dipaparkan Abdul Munadjat Ahmad, “Untuk panitia kalau bisa lebih di fleksibelkan buat mahasiswa yang mau daftar expo karena dari acara kemarin masih banyak usaha mahasiswa yang nggak terangkum, dipastikan semuanya sudah terlaksana termasuk technical meeting buat peserta susulan karena kemarin lumayan simpang siur infonya untuk yang peserta tambahan.” tutupnya.

Reporter:

1. Intan Pratiwi Suryandari

2. Gloria Siwi

3. Shofi Nur Jannah

4. Muhammad Rizky Hidayatulloh

5. Muhammad Farhan

6. Farid Wahyu Tri Septiyan

7. Naufal Ahmad Rifqi

Penulis:

1. Ahmad Farid Hafiz

2. Muhammad Ali Faqih

Penyunting: Nabila Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA