Hari Pertama PKPT, Antrean Kendaraan Mengular

Hari pertama pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi (PKPT) 2015 Universitas Negeri Malang, sempat diwarnai antrean kendaraan yang cukup panjang di pintu masuk utama, jalan Veteran. Untuk mengurai antrean, petugas retribusi sempat meloloskan kendaraan yang masuk dari uang retribusi.

Salah seorang petugas retribusi di jalan Veteran, Hanafi, menuturkan, “Hari ini tadi kan puncak macetnya antrean jam 06.00. Saya biasanya narik uang retribusi mulai jam 06.00, tapi ini tadi saya kasih tenggang waktu. Jadi saya bebaskan dari jam 06.00 sampai 06.30 biar nggak macet.”

Hanafi juga menambahkan, “Macetnya ini gara-gara banyak yang nganter, bukan karena masuknya. Kalo jam 06.30 kan masuknya, jadi kita narik sudah nggak apa-apa. Harusnya kita nariknya jam 06.00. Kalo jam 06.00 kita tetap narik ya bisa, tapi nanti jadi ramai antreannya.” Banyaknya orang tua yang mengantarkan putra-putrinya turut menjadi kendala yang menyebabkan kemacetan di luar pintu masuk jalan Cakrawala.

Kondisi hampir serupa juga terjadi pada pintu masuk di jalan Surabaya.  Bayu, salah seorang petugas retribusi masuk di jalan Surabaya menuturkan bahwa semua pintu masuk rata-rata bukanya mulai jam 06.00. “Kalau dibebaskannya retribusi tergantung kondisi, lihat kondisi. Kalau ini tadi sempat dibebasin, tapi cuma sebentar saja nggak sampai lima menit, sekitar jam 06.30. Nanti ditariknya (uang retribusi, red) di dalam parkiran” tutur Bayu. Ia juga menambahkan, “Untuk yang ngantar masih tertib, bisa dikendalikan.”

Menanggapi membludaknya antrean di jalan Cakrawala, menurut Bayu hal itu disebabkan karena lokasi Gedung Cakrawala yang berada di jalan Veteran, sehingga dirasa lebih dekat apabila masuk lewat pintu masuk di jalan Veteran. Ditambah lagi hilir-mudiknya mahasiswa non-maba yang keluar masuk lewat jalan Veteran juga turut menambah antrean kemacetan.

Tinggalkan komentar